Menelusuri Sisa Kemegahan Candi Surowono di Kediri

© Nanang Efendie
Sobat, tahukah anda jika di kawasan Kediri banyak sekali terdapat bekas peninggalan bersejarah yang masih bisa kita jumpai keberadaannya meski kadang peninggalan-peninggalan tersebut sudah tidak lagi utuh.

Salah satu tempat bersejarah yang akan kita ulas saat ini adalah Candi Surawana (Surowono).



© Nanang Efendie






Menurut wikipedia Candi Surowono adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sekitar 25 km arah timur laut dari Kota Kediri.

Candi yang nama sesungguhnya adalah Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. 

Ukuran Candi Surowono tidak terlalu besar, hanya 8 X 8 M2. Candi yang seluruhnya dibangun menggunakan batu andesit ini merupakan candi Siwa

© Nanang Efendie
Saat ini seluruh tubuh dan atap candi telah hancur tak bersisa. Hanya kaki candi setinggi sekitar 3 m yang masih tegak di tempatnya. Untuk naik ke selasar di atas kaki candi terdapat tangga sempit yang terletak di sisi Barat. Menilik letak tangga, dapat disimpulkan bahwa candi ini menghadap ke Barat.

Meski saat ini Candi Surowono sudah tidak utuh lagi tetapi kita masih bisa mengabadikan sisa-sisa keindahannya ke dalam jepretan kamera kita.

© Nanang Efendie
© Nanang Efendie
© Nanang Efendie
© Nanang Efendie
© Nanang Efendie







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »