Mengenal Cahaya Dalam Photografi

Mengenal Cahaya Dalam Photografi


Ponselgraphy - Halo sobat blogger & sobat - sobat pecinta photography.
Kali ini mari kita belajar mengenal teknik pencahayaan dalam photography.

Di dunia photography, darimana arah cahaya jatuh ke subyek akan sangat mempengaruhi bagaimana foto terlihat. Arah cahaya sangat menentukan karakter cahaya itu sendiri sekaligus menentukan kesan dan dimensi yang ingin ditampilkan pada subyek sehingga secara keseluruhan akan membentuk foto yang kita hasilkan.
Arah cahaya, baik alami (sinar matahari) ataupun dari sumber cahaya buatan (flash) bisa dibagi menjadi lima bagian, yaitu ; front light, back light, top light dan side light. 

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu bagian tersebut.
  • Front Light (Cahaya Depan)
Courttesy of n_efendie















Front Light artinya adalah sumber cahaya ada di depan subyek yang di foto sehingga biasanya sumber cahaya ada di belakang kamera kita. Cahaya depan bisa datang lurus terhadap subyek, seperti jika kita menghadap ke matahari saat sunrise di pantai. Cahaya depan juga bisa membentuk sudut, seperti saat kita menghadap matahari pada jam 10 siang.
Dengan flash, kita bisa membuat front light tepat di depan wajah atau membentuk sudut terhadap wajah. Mayoritas foto dihasilkan dengan sumber cahaya yang ada di depan subyek.

  • Side Light (Cahaya Samping)
Courtesy of n_efendie















Side Light artinya cahaya mengenai subyek dari samping kiri atau kanan. Cahaya samping ini memberi kesan dimensional yang kuat sehingga banyak dipakai pada foto arsitektur atau landscape. Foto side light biasanya akan bagus saat dipakai memotret hitam putih.

  • Back Light (Cahaya Belakang)
Courtesy of Ari Purnomo Adi












Back light terjadi saat kita memotret subyek dengan sumber cahaya yang berasal dari belakangnya, dengan kata lain sumber cahaya ada di depan kamera namun dibelakang subyek. Saat kita memotret sebuah subyek yang membelakangi matahari, misalnya memotret teman yang menghadap ke timur pada jam 4 sore maka akan terjadi back light. Dengan membelakangi sumber cahaya, seringkali kita menghasilkan siluet.
Mayoritas foto backlight akan menonjolkan bentuk dan profil sebuah subyek foto.


  • Cahaya Atas (Top Light) dan Down Light
Courtesy of n_efendie















Cahaya atas atau bawah terjadi saat kita memotret subyek dengan cahaya yang berasal dari atas atau bawah obyek.

Demikian tadi ulasan singkat tentang sumber cahaya dalam photography semoga bermanfaat.

Diolah dari belfot.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »