Tips Memotret Panning Dengan Kamera Ponsel

Memotret Panning Dengan Ponsel


Ponselgraphy - Halo sobat Blogger terutama pecinta photografi ponsel.

Kali ini aku akan berbagi tips membuat photo panning dengan menggunakan kamera ponsel.

Pertama - tama mari kita pahami dulu apa yang dinamakan panning.
Pengertian foto panning adalah  foto yang memperlihatkan kesan bergerak pada sebuah obyek, terutama gerakan horizontal dengan membuat background menjadi blur, sementara obyek utama foto tetap terlihat tajam, seolah-olah object diam dan background yang bergerak.
ponselgraphy
Courtesy n_efendie
Pada awalnya aku merasa minder, sebagai orang yang gemar memotret menggunakan kamera ponsel aku bertanya dalam hati, masak bisa hanya dengan menggunakan kamera ponsel bisa tercipta photo panning.
Untuk melakukan teknik photo panning dengan menggunakan kamera DSLR mungkin sudah biasa,tapi bagaimana kalau menggunakan kamera ponsel atau handphone ?
Setelah bertanya sana sini, membaca beberapa artikel di internet dan beberapa kali mencoba menangkap obyek akhirnya aku berkeyakinan bahwa karena kamera ponsel pun bisa digunakan untuk memotret dengan beberapa teknik dasar photografi, salah satunya adalah panning.

Berikut ini adalah beberapa tips memotret panning dengan menggunakan kamera ponsel yang aku olah dari berbagai sumber.
  • Dengan kamera ponsel pun, foto panning dapat dibuat, tetapi kita tetap harus mencari waktu yang tepat saat memotret.
  • Waktu yang tepat untuk memotret adalah pagi hari dan sore hari, karena di waktu tersebut cahaya alami cukup mendukung untuk pemotretan.
  • Siapkan kamera hp anda, saat ini aku menggunakan smartfren andromax i3 untuk memotret dan telah aku install aplikasi kamera pihak ke tiga (Camera Pro).
  • Pegang hp dengan kokoh, Klik aplikasi Camera Pro, selanjutnya pilih mode action/sports.
  • Cari obyek benda bergerak yang tidak terlalu cepat, gerakkan ponsel saat memotret objek, gerakkan ponsel  anda searah dengan pergerakan objek, sambil terus memperhatikan layar, lalu tekan lama tombol shutter untuk mengunci obyek, jika dirasa obyek sudah pas di frame lepaskan tombol shutter.
  • Usahakan tangan tidak gemetar saat memotret, karena nanti gambar objek akan menjadi blur.
  • Terus dan terus mencoba, karena untuk menghasilkan photo panning tidaklah semudah yang dibayangkan, karena kita harus bisa menyesuaikan kecepatan obyek dengan pergerakan kamera. Jika pergerakan tidak tepat obyek tidak akan focus.
 Happy Hunting sobat !
ponselgraphy
courtesy n_efendie
ponselgraphy
courtesy n_efendie

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »