Memahami Arti DOF (Depth Of Field)

Sobat, pernahkah anda mendengar istilah DOF ? Sebagai pecinta photography tentu sobat - sobat pernah mendengar dan memahaminya. Tetapi jika memang belum tahu istilah DOF mari kita ulas.

DOF, singkatan dari Depth Of Field adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam sebuah foto. 

DOF dalam photography dibagi menjadi 2 (dua) bagian ;
Pertama, DOF Lebar, yang berarti sebagian besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan terlihat tajam dan fokus. 
Kedua, DOF sempit (shallow), yang berarti hanya bagian obyek pada titik tertentu saja yang tajam sementara sisanya akan blur/ tidak fokus.


Pada umumnya gambar yang dihasilkan oleh kamera ponsel memiliki DOF yang lebar karena hampir seluruh bagian foto nampak jelas.
Untuk mengetahui perbedaan antara DOF Lebar dan DOF Sempit coba perhatikan gambar di bawah ini.

Lain halnya jika kamera ponsel kita tambahkan lensa macro, lensa bongkaran atau lensa tele karena akan tercipta DOF yang sempit.




Pada gambar atas, gambar bunga sepatu yang aku jepret dengan kamera ponsel memiliki DOF yang lebar karena hampir seluruh bagian gambar terlihat tajam.
Sedangkan pada gambar di bawahnya yang aku jepret dengan kamera ponsel + lensa bongkaran memiliki DOF yang sempit karena titik atau bidang fokus hanya pada bunganya.

Tetapi jika kamera ponsel sobat memiliki fitur auto focus bisa saja gambar dibuat menjadi sempit DOF nya dengan catatan harus ada jarak yang agak jauh antara obyek dengan latar belakangnya seperti gambar di bawah ini.


Semoga bermanfaat.
Salam Jepret !

Buat sobat - sobat yang ingin menambah penghasilan bisa klik di sini untuk info lebih lanjut.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »