Memahami Perbedaan Snapshot dan Photography

Perbedaan Snapshot dan Photography


Ponselgraphy - Saat ini rata - rata ponsel sudah dijejali perangkat kamera mulai dari 1 mp sampai puluhan mp meski masih memiliki keterbatasan jika dibandingkan dengan kamera saku dan sebagainya.

Karena sudah memiliki perangkat kamera, pengguna ponsel tentunya seringkali menggunakannya untuk mengabadikan moment - moment yang sayang jika dilewatkan begitu saja meski kebanyakan dari mereka hanya mengambil gambar secara asal atau lebih dikenal dengan istilah snapshot.

ponselgraphy
Gambar 1

ponselgraphy
Gambar 2
Dari kedua gambar di atas kita bisa menyimpulkan jika Gambar 1 adalah snapshot karena gambar tersebut terkesan biasa saja dan tidak menggambarkan sebuah cerita yang menarik.
Tetapi Gambar 2 memiliki cerita yang mendalam karena sang photographer berhasil menangkap 2 (dua) momen yang menarik dengan menempatkan komposisi yang pas sehingga tanpa diberi judulpun Gambar 2 tetap memiliki sebuah cerita.

Beda dengan pemilik kamera ponsel yang sedikit banyak paham tentang photography, mereka tentu akan lebih memperhatikan segala sesuatu sebelum melakukan pemotretan.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menghasilkan photo dari ponsel yang bisa dibanggakan ?
Kuncinya adalah memperlakukan kamera ponsel kita sebagai sebuah kamera yang serius dan kapabel (meski tetap menyadari keterbatasannya). 

Kita juga seharusnya menerapkan semua pengetahuan photography yang telah kita ketahui dan berpikir tentang konsep yang baik agar gambar yang kita hasilkan juga bisa baik.


ponselgraphy
© Tommy DP
Kejelian kita dalam menangkap sebuah moment juga menjadi salah satu faktor penting agar hasil jepretan memuaskan.
Tidaklah mengherankan jika penghobi photography selalu jelalatan mengamati kondisi sekelilingnya untuk mendapatkan moment yang luar biasa.


ponselgraphy

Untuk lebih memahami tentang dasar - dasar phothography silahkan klik di sini di sini di siniii

Semoga bermanfaat.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »