Memahami Rules Of Thirds (ROT)

Mengenal Aturan Rule Of Thirds



ponselgraphy
© n_efendie

Bagi mayoritas penggemar jepret menjepret, komposisi ROT (Rule Of Thirds) adalah salah satu prinsip komposisi yang paling dikenal dan paling populer karena aturan komposisi ini menjadi pondasi untuk menghasilkan keseimbangan elemen foto sehingga tampak lebih enak dilihat.

Pengertian Rules Of Thirds


Yang dimaksud Rules Of Third adalah pembagian bidang foto menjadi 3 (tiga) bagian sama besar, baik secara horizontal maupun vertical sehingga kita memiliki 9 (sembilan) area yang sama besar.

Dari garis ROT kita akan memiliki pertemuan 4 (empat) titik.
Ponselgraphy
Garis ROT
Teori komposisi rules of thirds mengatakan jika kita menempatkan “point of interest” alias bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih seimbang dan enak dilihat.
Empat titik tersebut tidak harus diisi bersamaan, cukup salah satu yang kita isi dengan obyek foto yang akan kita ambil.
Menurut ilmu desain disebutkqn bahwa saat melihat sebuah gambar, secara natural mata manusia akan tertuju pada salah satu titik ROT dibandingkan pada titik tengah.

Aturan Rules Of Third juga mengatakan bahwa tak ada bagian dari sebuah gambar yang tidak bernilai meski itu adalah background atau ruang kosong.

Jika kita kesulitan mengaplikasikan Rules Of Thirds saat melakukan pengambilan gambar, saat ini ada beberapa aplikasi kamera (android) yang memiliki garis bantu Rules Of Third sehingga bisa membantu kita saat melakukan pengambilan gambar.

Aplikasi tersebut diantaranya Camera FV-5 dan Camera Pro yang bisa diunduh di google play.

Demikian ulasan kita tentang komposisi Rules Of Thirds semoga bermanfaat bagi sobat semua.


Berikut adalah beberapa hasil jepretanku menggunakan kamera andromax i3 yang menggunakan komposisi Rules Of Thirds.


nanang efendi
© n_efendie

nanang efendi ponselgraphy
© n_efendie

ponselgraphy
© n_efendie

ponselgraphy
© n_efendie






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »