Menelusuri Sisa - Sisa Kemegahan Candi Dermo di Sidoarjo

Memprihatinkan, itulah kata yang pantas jika melihat kondisi bangunan Candi Dermo, candi peninggalan kerajaan Majapahit di Sidoarjo.

Candi Dermo berlokasi di Dusun Dermo Desa Candi Negoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo, tepatnya kurang lebih sekitar 20 km di barat Kota Sidoarjo.

Secara fisik, Candi Dermo dibangun menggunakan batu bata merah yang berbentuk gapura yang di bagian atasnya terdapat atap.

Menurut informasi yang aku dapatkan, Candi Dermo merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit, tetapi sampai saat ini belum jelas kapan candi ini dibangun karena tidak ditemukan prasasti dan angka tahun yang terpahat di badan candi, tetapi menurut beberapa ahli sejarah kepurbakalaan Candi Dermo diperkirakan dibangun pada abad ke XIV.

Tidak banyak yang tahu keberadaan Candi Dermo karena kompleks bangunannya dikelilingi oleh pemukiman dan kurang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Kondisi Candi Dermo saat ini sudah tidak lagi utuh, rapuh dan di beberapa bagian terdapat puing - puing yang telah ditata sedemikian rupa.

Kompleks Candi Dermo ini hanya memiliki ukuran luas 20 X 22 m dengan sebuah pos kecil di pelataran depan.
Sangat disayangkan jika tidak ada fasilitas tempat parkir di kompleks Candi Dermo bahkan jalan menuju candi begitu kecil dan sempit dan hanya dapat menampung kendaraan dengan jumlah terbatas, itupun dengan diparkir di halaman rumah warga sekitar kawasan candi.

Fasilitas lain seperti toilet juga tidak tersedia di kompleks candi, tetap. pengunjung bisa menggunakan kamar mandi yang ada di musholla di sebelah utara candi.

Meski dengan segala kondisi yang ada pastinya tidak akan menghalangi kejelian para pecinta ponselgraphy untuk tetap menangkap keindahan di balik sisa - sisa kemegahan Candi Dermo.
Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »