Cara Merakit Teleskop Buatan Sendiri

Merakit Teleskop Buatan Sendiri Untuk Memotret Benda - Benda Langit


Teleskop hasil buatan sendiri. Kredit: Brian

Info Astronomy - Sudah banyak beredar di internet tentang cara merakit teleskop sendiri, namun sudahkah Anda mencoba cara merakit kami yang satu ini ?


Langsung saja, mari simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Yang Anda Butuhkan


Untuk memulai merakit teleskop sendiri, Anda membutuhkan beberapa item. Berikut adalah daftar item sederhana yang dapat Anda beli dan disatukan untuk menciptakan teleskop Anda sendiri:

  • Satu lensa cembung --ini harus lebih kecil dari tabung teleskop yang akan Anda rakit
  • Satu lensa cekung atau boleh juga lensa cembung kecil --perlu diketahui, lensa cembung akan memberikan pandangan yang sama tetapi mengubah segalanya terbalik, lain halnya dengan lensa cekung
  • Satu tabung karton panjang (sekitar 30 cm) atau 2 tabung karton di mana satu karton di antaranya muat apabila dimasukan ke dalam karton lainnya. Anda bisa menggunakan tabung bekas keripik kentang yang dijual di supermarket
  • Sepotong karton dus tebal
  • Selotip
  • Cutter
  • Lem
  • Pita berwarna
  • Cat hitam
  • Stiker (opsional)
Gambar 1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Merakit Tabung Teleskop


Untuk merakit teleskop sendiri, hal pertama yang harus dilakukan adalah merakit tabung teleskop. Namun, bagi Anda yang menggunakan satu tabung karton, Anda bisa melewati tahap ini.


Ini adalah tahap sederhana untuk merakit teleskop dengan menggunakan dua tabung yang nantinya berfungsi sebagai fokus teleskop.

  1. Potong bagian tengah tabung (seperti Gambar 2 di bawah).
  2. Gambar 2 garis memanjang sejajar sekitar 1/2 inci secara terpisah di sepanjang salah satu tabung, dan kemudian potong karton. Ini akan menjadi tabung dalam.
  3. Periksa apakah tabung dalam mampu maju-mundur dengan baik atau tidak sebelum melanjutkan.
  4. Sekarang Anda perlu merekatkan selotip di atas tabung yang sudah terpotong tadi seperti Gambar 2.
  5. Rekatkan selotip secara hati-hati. 
Gambar 2.

Mari Merakit Keseluruhan Teleskop 


Pertama, buatlah lingkaran ke potongan karton dus persis seperti Gambar 3. Lalu potong seperti Gambar 4.


Kedua, tempatkan lensa cembung/cekung kecil yang telah disiapkan ke pusat lingkaran pada potongan karton dus tadi seperti Gambar 5.

Gambar 3. 
Gambar 4. 
Gambar 5.
Ketiga, lapisi sisi dari potongan karton dus yang sudah disematkan lensa tadi dengan lem dan tempelkan pada ujung tabung. Bagi Anda yang menggunakan dua tabung, tempelkan potongan ini ke tabung yang lebih kecil. Pastikan diameternya cocok. Lihat Gambar 6.

Gambar 6.
Keempat, agar tidak mudah lepas, rekatkan dengan selotip. Usahakan serapih mungkin seperti Gambar 7.

Gambar 7. 
Kelima, saatnya pemasangan lensa cembung besar ke tabung luar. Pastikan diameter lensa dengan diameter tabung sama seperti Gambar 8. Jangan hanya dipasang, lem juga sisi lensa agar merekat dengan tabung.

Gambar 8.

Keenam, tentu saja, agar lebih kokoh cobalah rekatkan dengan selotip seperti Gambar 9. Sekali lagi, usahakan serapih mungkin.

Gambar 9. 

Ketujuh, jangan lupa untuk mengecat tabung dengan cat hitam. Cat harus berwarna hitam, ini karena warna hitam mampu membatasi cahaya atau mengurangi cahaya yang masuk ke lensa teleskop sehingga tidak mengganggu pengamatan.

Gambar 10.
Gambar 11.
Kedelapan, taraa!! Teleskop buatan Anda sendiri sudah selesai. Anda dapat menggunakan stiker bintang seperti Gambar 12 agar teleskop menjadi lebih bagus.

Gambar 12.
Bagaimana ? Tertarik untuk membuat teleskop di atas? Teleskop buatan ini mampu melihat Bulan dengan jelas dan baik. Anda bahkan mampu melihat cincin Saturnus.

Selamat mencoba !

Sumber : Info Astronomy


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
September 18, 2015 at 1:04 PM delete

Untuk lensa nya sendiri beli nya di mana yah? saya tertarik dan sangat kreatif

Reply
avatar
September 22, 2015 at 9:57 AM delete

Lensanya bisa beli di toko peralatan laboratotium

Reply
avatar