Sekilas Tentang Sejarah Berdirinya Kofipon

Sejarah Berdirinya Komunitas Fotografi Ponsel (Kofipon)


Sejarah berdirinya Kofipon tak lepas dari sosok Beni Sjamsuddin Toni, Beni yang memiliki hobi fotografi harus menerima kenyataan bahwa dirinya tak memiliki kamera SLR. Tapi Beni tak berputus asa, ia pun nekad menggunakan kamera handphone untuk menyalurkan hobi “jeprat-jepret”nya. “ Rupanya Setelah dicoba, ternyata hasilnya cukup bagus,” jelas Beni

"Kunci mempelajari fotografi bukan tergantung pada alat, tetapi tergantung pada bagaimana kita bisa menciptakan komposisi gambar yang bagus,” Kata Beni Sjamsuddin Toni sebagai pendiri dari komunitas Fotografi Ponsel (Kofipon).


Pada tanggal 17 September 2009, membentuk sebuah komunitas fotografi Ponsel melalui situs jejaring social di Jogyakarta dimana Beni kuliah. Tak disangka peminatnya terus bertambah. Menurut Beni, 
Alasan dibentuknya komunitas ini adalah untuk mewadahi orang-orang yang ingin belajar fotografi namun belum memiliki peralatan fotografi yang kompleks. Tapi hanya memiliki sebuah henpon kamera.

Ternyata menggunakan kamera ponsel itu memiliki banyak keuntungan, selain lebih murah, kamera ponsel lebih praktis dan simpel, berbeda jika menggunakan kamera SLR yang dinilai lebih berat dan memakan tempat. 
”Intinya, dengan kamera ponsel, kita tak akan kehilangan moment,” jelas Beni.
Makanya Sampai saat ini Kofipon selalu menekankan kepada anggotanya bahwa menghasilkan foto yang luar biasa itu Bukan masalah kameranya, Tapi siapa dibelakang kamera itu yang mengambil gambar.


Bagaimanapun, faktor kreatifitas menentukan kualitas, Imbuh Beni sang pendiri Kofipon.

Sumber : Majalah Digital Jangan Tulalit edisi Mei 2015

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »