Cara Memotret Sunrise dan Sunset

Panduan Memotret Sunrise Dan Sunset

Ponselgraphy - Sobat, pernahkah kalian memotret Sunrise dan Sunset ?
Bagaimana hasilnya ? 

Sunrise lapindo

Salah satu dari sekian banyak yang wajib dilakukan penggemar photografi adalah memotret Sunrise dan Sunset.

Kali ini aku akan berbagi tips seputar memotret Sunrise dan Sunset agar menghasilkan gambar yang menawan.

Karena moment sunrise dan sunset sangat cepat (kurang lebih 30 menit) maka kita harus benar - benar mempersiapkan baik - baik diri kita sejak berangkat dari rumah. 
  • Pastikan kita sudah tahu dari titik mana kita akan melakukan pemotretan. Pastikan juga kita tahu jam berapa sunrise atau sunset berlangsung karena waktu sunrise dan sunset berbeda - beda di setiap lokasi pemotretan. Pastikan juga kita telah membawa peralatan yang diperlukan.
  • Jangan kecewa jika ternyata begitu kita tiba di lokasi mendadak mendung menutupi sunrise dan sunset yang akan kita buru. Mendung bukan nenjadi halangan untuk menghasilkan gambar yang bagus (Gambar 1).
Kenjeran lama surabaya
Gambar 1
  • Agar menambah daya tarik foto sunrise dan sunset kita sebaiknya memaksimalkan siluet karena siluet bisa memberikan kesan yang kuat pada foto (Gambar 2).
Tanggul Lapindo
Gambar 2
  • Gunakan tripod jika kita ingin mencoba teknik long shutter agar hasil pemotretan tidak goyang.
  • Sunrise dan Sunset memiliki kualitas cahaya yang cukup ekstrem, untuk itu kita sebaiknya menggunakan manual focus di kamera kita karena dengan cahaya yang ekstrem kamera akan kesulitan menemukab focus jika disetting mofe auto focus.
  • Sebaiknya kita mengubah setting white balance ke cloudy karena akan nembuat warna sunrise dan sunset lebih hangat.
Memotret sunrise dan sunset
Gambar 3
  • Tetap lanjutkan memotret meski sunset telah lewat karena meski matahari telah melewati garis horizon karena cahaya sesaat setelah sunset merupakan salah satu cahaya yang indah yang dihasilkan oleh alam. Sedangkan pafa saat kita memotret sunrise usahakan agar kita tidak datang terlalu mepet debgan matahari terbit karena sesaat sebelum matahari terbit cahaya yang dihasilkan sangat indah (Gambar 3).

Selamat mencoba.
Mohon jika berkenan bisa membagikan artikel ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »