Mengenal Istilah Obstacle Dalam Photografi

PENGERTIAN OBSTACLE


Ponselgraphy - Sobat, pernahkan kalian mendengar istilah obstacle dalam sebuah karya fotografi ? Jika kebetulan belum pernah mendengarnya mari kita bahas lebih lanjut tentang obstacle ini.

Saat ini dunia fotografi semakin berkembang pesat, banyak istilah - istilah dan genre - genre baru yang terus bermunculan.

Berdasarkan kamus yang sudah aku intip, obstacle  berarti halangan atau  rintangan, jadi jika diartikan secara bebas dan digabungkan dengan fotografi obstacle berarti sebuah karya foto yang obyek utamanya tidak nampak secara jelas karena antara lensa kamera dengan obyeknya terdapat halangan.

Dalam kehidupan sehari - hari banyak sekali obyek - obyek yang bisa kita buat menjadi karya foto obstacle, beberapa contoh diantaranya adalah obyek yang berada dibalik kelambu, obyek yang terhalang oleh kain dan beberapa obyek lainnya.

Mungkin bagi sebagian orang penikmat foto pemula akan bertanya - tanya jika melihat  karya - karya foto obstacle karena memang pesan yang disampaikan susah dipahami, tidak seperti karya - karya foto yang mengekspose keindahan alam dan lainnya, namun jika penikmat karya foto obstacle bisa memahami dan mengerti apa yang disampaikan oleh sang juru foto pasti akan berdecak kagum dengan momen - momen yang disajikan.

Berikut adalah beberapa contoh karya - karya obstacle milikku dan rekan - rekan dari Ross Photografi.

Semoga bermanfaat.


nanang efendi
Courtesy Nanang Efendi - Surabaya
Bigallow Jack
Courtesy Bigallow Jack - Surabaya

Achmad Junaidi
Courtesy Achmad Junaidi - Surabaya

Aldion Akatsuki
Courtesy Aldion Akatsuki - Surabaya
Trias Photo Hape
Courtesy Trias PhotoHape - Kediri



















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »