Cara Mengoptimalkan Pengambilan Gambar

Mengoptimalkan Kamera Ponsel

Kamera Ponael

" Kamera hanya memiliki pengaruh sebesar 20 % , sedangkan yang 80 % adalah peran sang fotografer "
Ponselgraphy - Sobat, membicarakan tentang photografi memang tiada habisnya, apalagi yang dibicarakan tentang photografi ponsel yang semakin hari semakin diminati, baik oleh pendatang baru ataupun yang sudah memiliki kemampuan dan keahlian tentang ilmu photografi.

Semakin hari semakin banyak ponsel yang menawarkan kamera bermega pixel besar yang kemampuannya bisa diandalkan.
Tetapi perlu kita sadari bahwa dari hasil foto yang mumpuni, kamera hanya memiliki pengaruh sebesar 20 % dari hasil foto, sedangkan 80 % sisanya berasal dari siapa orang di balik kamera.

Saat ini rata - rata pengguna atau pemakai ponsel berkamera menggantungkan pengambilan gambar dengan ponsel mereka, apalagi sekarang sudah banyak aplikasi - aplikasi pendukung untuk melengkapi kemampuan ponsel.

Tentu saja ponsel yang mempunyai kamera yang bekualitas memiliki harga yang menguras isi kantong.
Tetapi sebenarnya bagi pemilik ponsel berkamera standart seperti aku tidak perlu khawatir karena kita bisa mengoptimalkan kamera ponsel yang kita miliki agar hasilnya tidak kalah dengan ponsel berkamera yang berkualitas dan berharga mahal.

Berikut adalah beberapa tips agar hasil foto kamera ponsel standart menjadi lebih optimal dan berkualitas.

Kenali Fitur Kamera Di Ponsel
Sesekali luangkan waktu untuk mengeksplorasi fitur - fitur di kamera ponsel kita sehingga kita bisa menggunakannya secara optimal pada saat melakukan pemotretan.
Jangan sampai kita baru belajar mengenal dan mengeskplorasi saat sedang melakukan pemotretan karena kita bisa kehilangan momen dan menghabiskan banyak waktu.

Gunakan Resolusi Tinggi
Semakin tinggi resolusi yang kita gunakan semakin baik hasil gambarnya.

Pastikan Lensa Selalu Bersih
Mayoritas dan bahkan hampir seluruh kamera ponsel tidak dilengkapi dengan penutup lensa sehingga kita harus memastikan kebersihannya sebelum mengambil gambar.

Mengatur Jarak Ideal Dengan Obyek
Pastikan kita dengan obyek yang akan dibidik karena akan menghasilkan gambar dengan detail yang maksimal. Tetapi tetap jaga jarak dengan obyek karena jika terlalu dekat gambar bisa saja menjadi kabur.

Perhatikan Pengaturan Cahaya
Bidiklah obyek dengan cahaya yang cukup karena cahaya adalah salah satu faktor penting untuk menghasilkan karya foto yang optimal. 

Selalu Memperhatikan Background
Seringkali background terabaikan oleh fotografer pemula.
Tempatkan obyek berlatar belakang yang tidak terlalu sibuk sehingga mengganggu obyek yang kita bidik.

Mencoba Beberapa Sudut Pengambilan Gambar
Jangan takut bereksperimen dalam melakukan pengambilan gambar, mencoba memotret dengan berbagai macam angle akan membuat karya kita terkesan kreatif dan tidak membosankan.

Perbaiki Hasil Foto Dengan Editing
Kadang kita merasa kurang puas dengan hasil foto yang telah kita buat. Untuk mengoptimalkannya kita bisa melakukan olah digital dengan software olah digital.

Semoga Ber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »