Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel

Apa yang terlintas dalam benak kita saat bicara tentang fotografi dan memotret menggunakan kamera ponsel atau smartphone ?

Ponselgraphy - Beberapa orang pasti akan sedikit mengernyitkan dahi dan memandang sebelah mata. Tetapi jika kita benar - benar bisa mendalami dan memahami tentang fotografi ponsel tentu sobat - sobat akan menemukan keasyikan tersendiri yang tak kalah hasilnya dengan kamera - kamera yang berharga mahal.

Kita harus menyadari jika foto dengan kamera yang ada di ponsel kita memang tidak akan bisa menyaingi kualitas (pixel) foto yang dihasilkan oleh kamera beneran dengan lensa yang berharga mahal juga meski seiring perkembangan teknologi saat ini banyak kamera - kamera ponsel yang semakin canggih. Tetapi alangkah lebih baik jika kita tidak asal memotret saat menggunakan kamera ponsel yang kita miliki.

Selanjutnya mari kita bahas tips - tips yang bisa kita lakukan agar kualitas hasil foto menggunakan kamera ponsel tidak mengecewakan.

Bedakan antara Snapshot dan Fotografi

breakdance
Breakdance

Foto - foto yang mayoritas kita lihat di media sosial memang nampak seperti asal jepret (kecuali penggemar dan penggiat fotografi ponsel).
Lalu bagaimana agar kita bisa menghasilkan foto dari kamera ponsel yang bisa kita banggakan ? Kuncinya adalah memperlakukan kamera ponsel kita layaknya sebuah kamera beneran, terapkan semua ilmu tentang fotografi yang kita ketahui saat kita melakukan pemotretan.


Komposisi

Fotografer yang sudah berpengalaman berpendapat bahwa yang membedakan foto dahsyat dengan foto biasa adalah komposisinya.
Dan untuk bisa menyusun komposisi foto yang baik tidak ada syarat harus menggunakan kamera tertentu. Pelajari ilmu tentang komposisi dan terapkan pada saat kita memotret menggunakan kamera ponsel.


Cobalah Angle Yang Ekstrim


3P
Pendekar Api

Dalam beberapa hal, kamera ponsel lebih hebat jika dibanding dengan kamera DSLR yang berat dan besar. Dengan ukurannya yang mungil, bobot yang enteng serta mudah dibawa kemana - mana menjadikan kamera ponsel lebih unggul dari kamera DSLR.
Dengan kelebihan itu kita bisa memotret momen - momen yang terjadi begitu cepat, memotret dengan sudut yang sempit dan beberapa kelebihan lainnya.


Memanfaatkan Aplikasi Fotografi Pihak Ketiga

Ponselgraphy
Aplikasi Camera FV-5

Seiring berkembangnya kamera ponsel, banyak situs - situs yang menawarkan aplikasi kamera ponsel dengan fitur - fitur yang lebih menarik meski kamera bawaan yang ada di ponsel kita sudah baik kualitasnya.
Ada baiknya jika kita mencoba untuk memanfaatkan beragam aplikasi yang ada di masing - masing platform untuk memperkaya senjata kita.

Semoga bermanfaat.















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »