Indonesia Masih Ada

Warung Mbah Cokro, Tempat Kongkow Para Pecinta Photografi Suroboyo

Ponselgraphy
Warung Mbah Cokro ©diarysivika

Ponselgraphy - Indonesia Masih Ada, sepenggal kalimat itu digunakan sebagai slogan oleh pemilik warung yang terletak di Jalan Raya Prapen 22 Surabaya.

Warung yang didirikan dan dikelola oleh alumnus Stikosa - AWS Surabaya ini memang unik, mereka mengusung konsep warung tempo doeloe yang menyediakan makanan dan minuman khas rakyat kelas bawah.

Ponselgraphy
©diarysivika

Dekorasi warung dan peralatan yang digunakan untuk menyuguhkan makanan dan minuman dibuat seperti suasana tempo dulu, simbol - simbol dan tulisan - tulisan serta property yang ada dibuat seperti suasana sebelum Indonesia merdeka.

Nama mbah Cokro sendiri sebenarnya mengadopsi nama salah satu pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto yang berasal dari Surabaya.

Ponselgraphy
©diarysivika

Untuk lebih menonjolkan kesan jadul, earung yang buka mulai jam 16.00 dan tutup hingga dinihari ini dibangun dengan menggunakan bambu dan hanya beratap seng. Dinding warung yang terbuat dari anyaman bambu banyak ditempel poster - poster jadul dan beberapa karya foto dari pemiliknya.

Karena suasana klasik dan nyaman, warung mbah Cokro cepat dikenal oleh kaum muda - mudi di sekitaran Surabaya terutama para pecinta photografi. Mereka kerap kali berkumpul di warung Mbah Cokro untuk bertukar pikiran.
Warung ini juga seringkali digunakan oleh para mahasiswa alumni Stikosa - AWS untuk berdiskusi.

Ponselgraphy
©diarysivika

Dengan harga makanan dan minuman serta menu - menu yang benar - benar merakyat, warung mbah Cokro mampu menarik perhatian.

Ternyata di tengah hingar bingar suguhan produk - produk modern ala negara kapitalis, masih ada orang - orang yang tergerak mengingatkan agar generasi muda tidak melupakan sejarah dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia merdeka.

Indonesia Masih Ada !




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »