Sejarah Ponsel Berkamera

Sejarah Kemunculan Kamera Ponsel


Ponselgraphy - Sobat, hingga saat ini perkembangan ponsel berkamera semakin pesat. Para vendor seakan tiada habisnya berlomba - lomba agar kamera yang dibenamkan di ponsel produksi mereka bisa menjadi yang terbaik. Bahkan saat ini Nokia sudah berhasil memasang kamera beresolusi 41 mp di salah satu seri Lumia nya. 

Tetapi tahukah sobat ponselgraphy bagaimana sejarah awal kemunculan ponsel berkamera ?
Untuk bisa mencapai seperti saat ini, kamera ponsel telah melewati tahapan - tahapan panjang.
Berikut ulasannya.

Awal Kemunculan Kamera Ponsel
Pada November 2000, Sharp melakukan terobosan dengan mengeluarkan ponsel J-SH04 yang mengusung kamera dengan resolusi 0,11mp dengan layar warna 256 colour yang saat itu sudah cukup membuat orang takjub.
Ponselgraphy
Sharp J-SH04

Tetapi ponsel ini tidak berhasil di pasaran karena mungkin dunia belum siap.

Selanjutnya pada awal 2002 Nokia menggebrak pasar ponsel di dunia dengan merilis 7650 yang sangat fenomenal. Nokia 7650 telah mengusung kamera 0,3 mp, layar 2,1 inch dan 4 MB penyimpanan internal. 
Nokia 7650 

Saat itu 7650 menjadi salah satu ponsel yang paling menakjubkan dan menjadi perangkat bergengsi berkat promosi besar - besaran.

Memasuki tahun 2005, kamera ponsel telah mengalami peningkatan pesat. Salah satu dari beberapa ponsel yang meningkat pesat kemampuan kameranya adalah Sony Ericsson K750i. 
Ponselgraphy
Sony Ericsson K750i

Dengan kemampuan kamera sebesar 2 mp auto focus ditambah lampu flash dual LED, K750i merupakan perangkat kamera ponsel yang mumpuni di masanya, dilengkapi pula dengan slot kartu memory dan koneksi nirkabel bluetooth, ponsel ini menjadi salah satu perangkat high end meski hanya berbekal layar 1,9 inch.

Pada tahun yang sama (2005) Nokia juga melakukan gebrakan dengan merilis Nokia N90 sebagai ponsel dengan lensa Carl Seiss pertama berkemampuan 5 mp.

Ponselgraphy
Nokia N90

Disusul Nokia N93 pada 2006, Nokia N70 dan Nokia N95 pada tahun 2007.

Ponselgraphy
Nokia N93


Nokia N95


Ponselgraphy
Nokia N70

Pada tahun 2010, Nokia merilis Nokia N8 yang dijejali kamera dengan kemampuan 12 mp dengan dukungan lampu xenon flash dan OS Symbian. Disusul juga oleh Sony Ericsson yang merilis Satio yang juga mengusung OS Symbian.
Ponselgraphy
Sony Ericsson Satio
 
Tetapi meski terpilih menjadi ponsel berkamera terbaik pada tahun 2010, N8 seakan tenggelam dengan mulai bermunculannya smartphone yang telah dioperasikan dengan IOS dan Android sehingga Symbian tertinggal jauh di belakan IOS dan Android yang merupakan tonggak berlombanya vendor - vendor untuk menciptakan ponsel - ponsel berkamera yang semakin canggih.

















Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »