Cara Membuat Efek Bokeh Kamera Ponsel Tanpa Aplikasi

Membuat Efek Bokeh Dengan Kamera Ponsel

ponselgraphy
credit Nanang Efendi

Ponselgraphy - Sobat, pernahkah kalian mendengar istilah bokeh
Bagi yang hobby jeprat jepret tentu sudah pernah mendengar dan tahu apa yang dimaksud dengan bokeh.

Bokeh berasal dari bahasa Jepang yang artinya mengaburkan. Dalam dunia photografi istilah bokeh bisa diartikan efek kabur (tidak fokus) pada obyek yang difoto.
Bokeh seringkali dimanfaatkan oleh photografer untuk menonjolkan obyek utama dengan fokus yang tajam, sedangkan latar belakang di sekitar obyek menjadi kabur.

Sebagai photografer ponsel yang kemampuan kameranya terbatas, kita pasti sering iri dengan hasil jepret sodara - sodara yang menggunakan kamera DSLR dengan hasil jepretnya yang tentu saja menampilkan bokeh yang aduhai. Tetapi sebenarnya pengguna kamera ponsel tidak perlu berkecil hati ataupun minder karena kita bisa membuat hasil jepretan yang tak kalah indah tanpa harus menggunakan aplikasi untuk merekayasa hasil jepretan. Masak iya sih ? Hehehehe

Berikut adalah beberapa tips agar bokeh bisa tercipta meski hanya menggunakan kamera ponsel tanpa aplikasi tambahan untuk merekayasa background :
  • Jauhkan obyek utama dengan background, efeknya adalah semakin jauh obyek utama dengan background maka semakin kabur latar foto tersebut (Gambar 1).

    ponselgraphy
    Gambar 1, credit Nanang Efendi
  • Jepret obyek sedekat mungkin dan tentu tetap harus memperhatikan komposisi yang nanti kita inginkan.
  • Gunakan lensa macro atau lensa bongkaran karena dengan menggunakan lensa tersebut secara otomatis efek bokeh akan tercipta.
Ponselgraphy
Lensa Fix di Nokia N70
  • Banyak berlatih dan terus mencoba agar kemampuan kita semakin terasah.

Selamat Mencoba.







Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »