Pentingnya Menyimpan Hasil Foto

Simpan dan Arsip Hasil Fotomu

Ponselgraphy

Ponselgraphy - Sobat ponselgraphy, saat ini photography sudah menjadi hal yang jamak. Semakin hari semakin banyak orang menenteng kamera kemanapun mereka pergi, mulai dari anak - anak muda hingga orang dewasa. Ditambah lagi perkembangan kamera ponsel yang semakin luar biasa tentunya semakin banyak yang suka jeprat jepret meski beberapa diantara mereka belum tentu paham dengan teknik memotret.

Semakin sering kita memotret pasti akan mengurangi space penyimpanan hasil foto yang kadang karena keteledoran atau kemalasan kita sering mengabaikannya.
Saat kita memotret kita mungkin terlalu asyik mengabadikan frame demi frame yang ujung - ujungnya bakal membuat memory card menjadi penuh dan kebanyakan dari kita membiarkan begitu saja hasil jepretan sekembalinya kita memotret.

Untuk menghindari hal - hal di luar dugaan kita semisal hasil foto terhapus, ponsel menjadi lamban karena memory penuh, ada baiknya kita segera melakukan penyimpanan atau pengarsipan daripada kita menyesal karena ribuan file yang kita miliki musnah begitu saja meski nantinya kita bisa merecovery memory card dengan software get data back.

Penyimpanan dan pengarsipan foto yang baik tentu saja akan membantu sobat ponselgraphy jika kelak kita akan mencari hasil foto yang diinginkan.
Berikut tips untuk sobat ponselgraphy berkaitan dengan cara menyimpan dan mengarsip foto step by step.

Pindahkan Foto dari Memory Card ke Media Penyimpanan
Untuk menjadi seorang photografer handal, kita harus kritis terhadap karya sendiri, pastikan hasil hunting benar - benar layak simpan. Sebaiknya hapus hasil jepretan yang tidak fokus, atau foto - foto lainnya yang sekiranya tidak memuaskan kecuali jika nantinya digunakan untuk pembelajaran.

Buat folder untuk memilah hasil jepretan. Masing - masing orang memiliki cara sendiri untuk menamai foldernya, misal berdasar aliran foto, berdasar nama bulan kalender atau nama - nama lainnya agar foto terorganisir dengan baik dan mudah dicari sewaktu - waktu diperlukan.


Metadata Foto
Ibarat manusia, metadata adalah KTP yang memuat identitas atau data - data lengkap sebuah foto.
Dengan mengisi metadata, sobat ponselgraphy bisa menambahkan copyright, dimana foto tersebut diambil, menambah keterangan hingga menyisipkan kata kunci untuk memudahkan pencarian.
Pengisian metadata bisa dilakukan menggunakan software seperti Photoshop atau software fotografi lainnya.

Pilih Foto Yang Terbaik
Saat melakukan proses penyimpanan hasil foto, sebaiknya sobat ponselgraphy melakukan screening lagi untuk memilih foto terbaik yang layak simpan agar menghemat space penyimpanan.

Demikian tips singkat menyimpan hasil foto semoga bermanfaat. 





Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »