Antara Lensa Fix atau Kit, Mana Yang Tepat Untuk Dipasangkan Di Ponsel

Pilih Lensa Fix atau Lensa Kit ?

Ponselgraphy
Lensa Fix

Ponselgraphy - Sobat, beberapa waktu lalu ada seorang sobat ponselgraphy yang bertanya enak lensa fix atau lensa kit untuk dipasang di Nokia N70. Sebenarnya aku sendiri juga bingung harus menjawab, tetapi secara teknis sobat ponselgraphy bisa terus lanjut membaca artikel ini sampai tuntas karena sebenarnya yang bisa menjawab pertanyaan itu adalah sobat - sobat sendiri.

Sebelum membahas lebih lanjut, seberapa tahu sobat ponselgraphy tentang jenis lensa SLR ? 
Lensa SLR yang ada saat ini terdiri dari Lensa Fix, Lensa Kit (Standar Zoom), Lensa Tele, Lensa Macro, Super Zoom (Sapu Jagat) dan lensa Wide Angle.
Dari sekian banyak jenis lensa yang ada, lensa yang populer dan banyak digunakan adalah Lensa Kit karena biasanya sudah sepaket dengan kamera.

Lensa fix atau sering disebut Lensa Prime memiliki fokus tunggal, beda dengan Lensa Kit yang mempunyai fokus ganda. 

Beberapa orang menganggap untuk apa memiliki Lensa Fix yang tidak bisa melakukan zooming, tetapi tentu saja pabrikan lensa tidak akan memproduksi lensa ini jika tidak memiliki keunggulan. Lensa Fix diklaim memiliki nilai lebih untuk ketajaman hasil gambar, didukung dengan ukuran yang kecil, berbobot ringan dibandingkan Lensa Kit serta harga yang lebih murah.

Ada beberapa ukuran lensa fix yang dijual di pasaran, antara lain ukuran 24, 35, 50, 55 dan 85 mm tetapi Lensa Fix dengan ukuran 50 mm adalah lensa yang banyak digunakan.

Berikut adalah beberapa kelebihan Lensa Fix :

Bukaan
Lensa Fix 50 mm memiliki bukaan maksimal yang memungkinkan sobat ponselgraphy memotret pada kondisi cahaya yang minim. Dengan mengatur bukaan maksimal hingga f/1.8 atau f/1.4 sobat ponselgraphy bisa memotret di kondisi remang - remang pada saat lensa lain sudah tidak mampu.
Lensa Fix juga memiliki efek bokeh yang patut diacungi jempol.

Kualitas Optik
Kelebihan lain Lensa Fix adalah susunan optik di dalamnya yang lebih sederhana dibanding lens jenis lain dan memiliki kualitas optik yang mumpuni. Sebagai contoh, Lensa Fix 50 mm dengan harga murah dapat menghasilkan foto yang tajam (kebetulan admin ponselgraphy menggunakan Lensa Fix 50 mm Seagull produk Cina yang dibeli dari situs jual beli seharga Rp 350.000,- bandingkan dengan harga Lensa Kit Canon yang di pasaran dilepas dengan harga Rp 800.000,-)

Efek Bokeh
Semua lensa sepertinya bisa menghasilkan efek bokeh jika dipasang di Nokia N70. Tetapi Lensa Fix memiliki keunggulan dalam menciptakan efek bokeh, dan inilah salah satu kelebihan Lensa Fix.

Bagus Untuk Macro
Jika sobat ponselgraphy sudah memiliki Lensa Fix, sobat ponselgraphy tak perlu lagi membeli lagi Lensa Macro yang harganya bikin mabuk. Hanya dengan menambah panjang mounting beberapa cm Lensa Fix yang dipasang di Nokia N70 bisa dijadikan Lensa Macro (cara pembuatannya akan dibahas di artikel selanjutnya) yang ketajaman dan fokusnya tidak kalah dengan Lensa Macro.

Demikian tadi yang bisa admin sajikan dan semoga sobat ponselgraphy bisa menemukan jawaban atas pertanyaan di atas.

Semoga bermanfaat.



Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »