Cara Memotret Macro Menggunakan Nokia N70 + Lensa Fix

Memotret Macro Dengan Lensa Fix


Ponselgraphy - Sobat, saat ini memotret macro menggunakan ponsel seperti sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan para pecinta photografi ponsel.
Mereka berlomba - lomba untuk menciptakan sesuatu yang baru agar foto macro yang dihasilkan semakin menarik, mulai dari penggunaan lensa macro pabrikan, lensa bongkaran, lensa okuler, cara pemotretan hingga cara editing.

Salah satu grup di media sosial facebook bahkan mengkhususkan diri untuk mewadahi para pecinta photografi macro menggunakan ponsel.
Grup yang dihuni oleh master - master macro ini sangat menarik karena karya - karya mereka yang luar biasa.

Lalu bagaimana kabar para opreker lensa fix atau lensa kit ? Apakah mereka bisa juga menggunakan lensanya yang berharga lebih mahal daripada ponsel yang dimodifikasi untuk memotret macro ? 
Yuk mari kita bahas.

Sebenarnya cara memotret macro dengan  Nokia N70 + Lensa Fix ini bermula dari rasa penasaran admin saat merakit lensa fix Seagull beberapa waktu lalu.

Awalnya admin menggunakan lensa Riconar 18-55mm hasil minjam setengah memaksa salah satu teman di Kediri Phonegraphy Community hehehe dan berhubung akhirnya lensa diminta juga dengan setengah memaksa akhirnya admin membeli lensa fix 18-50mm merk Seagull dengan harga yang cukup murah.

Pada saat menjodohkan Nokia N70 dengan Riconar pinjaman, jarak fokus lensa sudah diatur oleh adikku Tommy Dwi Putranto dan sudah ditempel di back casing dan admin tinggal memasang serta menggunakannya.

Keanehan mulai muncul ketika admin mulai menggunakan lensa Seagull saat dipasang dengan paralon yang sama digunakan dengan lensa Riconar.
Jarak fokus berubah total dari yang dulunya bisa memotret obyek berjarak lebih dari 10 meter bisa tetapi kali ini jarak fokus kurang dari semeter.
Akhirnya setelah mencari info kesana kemari admin bisa menemukan jawabannya.

Prinsip kerja paralon ternyata menyerupai prinsip kerja external tube pada kamera DSLR, banyak sobat - sobat pemakai DSLR yang menggunakan xtube untuk bisa memotret macro tanpa harus membeli lensa khusus yang harganya minta ampun mahal.

Kesimpulannya adalah panjang pendek paralon sangat berpengaruh pada hasil jepretan, makin panjang paralon untuk menempel lensa di ponsel hasil jepretan bisa untuk memotret macro dan makin pendek paralon lensa fix bisa menjadi lensa zoom.

Ponselgraphy
Paralon Pendek

Jadi buat sobat ponselgraphy yang sudah atau sedang mengoprek Nokia N70 untuk dijodohkan dengan lensa SLR bisa membuat 3 sambungan paralon sehingga 1 lensa bisa digunakan untuk memotret 3 momen yaitu macro, normal dan zoom.
Tetapi yang perlu diingat adalah dengan menjadikan lensa fix sebagai lensa macro tingkat kesulitan memotret obyek semakin bertambah karena ponsel sangat - sangat peka getaran, gerak sedikit saja pasti gagal fokus.

Ponselgraphy
Paralon Panjang
Berikut adalah beberapa hasil jepretan admin menggunakan Nokia N70 + Lensa Seagull 18-50mm tanpa edit.

Ponselgraphy
Si Ulil

Ponselgraphy
Bukan Pegas

Ponselgraphy
Bukan Pir Juga

Ponselgraphy
Yellow

Ponselgraphy
A
Demikian tadi tips dari ponselgraphy tentang cara memotret macro menggunakan Nokia N70 dengan lensa fix.
Semoga bermanfaat.





Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
July 1, 2017 at 10:38 PM delete

Gan. Ada solusi buat hasil foto bisa bokeh dg objek manusia?

Reply
avatar
July 19, 2017 at 2:49 PM delete

Bisa dicoba dgn mendekatkan obyek ke kamera dan menjauhkan obyek dari background

Reply
avatar