Cara Merawat Lensa SLR Yang Dipasang di Ponsel

Tips Merawat Lensa SLR Agar Awet Dan Tidak Berjamur

ponselgraphy stockphoto
istockphoto

Ponselgraphy - Sobat, seperti kita ketahui jika akhir - akhir ini banyak sekali sobat - sobat ponselgraphy yang tertarik untuk memodifikasi ponsel mereka entah itu ponsel jadul atau ponsel sekelas android agar bisa dipasang lensa kamera SLR.

Entah siapa yang memulainya, tetapi ide gila ini admin ketahui berasal dari seorang Yoga, salah satu anggota Kediri Phonegraphy Community (KePhoC) yang sekarang bekerja sebagai desainer dan peliput berita di Koran Memo.

Awalnya dia membuat heboh dunia photografi ponsel dengan modifikasi Nokia N70 ditambah lensa kamera SLR yang dikenal dengan Kamera Nokia N70 kardus (Generasi Pertama) dan terus disempurnakan hingga menjadi seperti sekarang dan akhirnya banyak pecinta photografi ponsel yang mengikuti jejaknya memodifikasi Nokia N70 termasuk admin.

Lensa merupakan salah satu bagian penting pada kamera yang harus dirawat dengan baik, karena jika salah merawat dan menyimpannya kerap kali lensa menjadi berjamur sehingga mempengaruhi hasil jepretan. Lalu bagaimana caranya agar lensa SLR yang sudah kita tebus dengan harga yang lebih mahal daripada Nokia N70 agar awet ?

Kebanyakan pengguna kamera modifikasi kurang memperhatikan kebersihan dan cara menyimpan lensa SLR agar lensa menjadi awet dan tidak berjamur karena lensa - lensa tersebut memerlukan perawatan ekstra. Lensa SLR, entah lensa Kit atau lensa Fix memiliki komponen - komponen sensitif yang mudah rusak jika kita tidak memperhatikan cara perawatan dan penyimpanannya.

Baca juga : Cara Memasang Lensa Fix di Ponsel

Berikut adalah beberapa tips cara merawat dan menyimpan lensa SLR yang diolah admin dari berbagai sumber.
  • Sebisa mungkin menghindari bongkar pasang lensa di tempat yang berdebu karena kemungkinan debu bisa masuk juga ke sensor kamera (terutama jika memodifikasi kamera ponsel yang hanya menyisakan sensor).
  • Saat membersihkan lensa, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu sedikit ke lap bersih baru digunakan untuk membersihkan lensa.
  • Hindari kontak langsung atau menyentuh bagian optik lensa dengan jari karena berpotensi meninggalkan noda yang jika kita malas membersihkan bisa menjadi cikal bakal jamur tumbuh.
  • Saat membersihkan optik lensa sebaiknya menggunakan kain khusus yang berbahan halus, jangan pernah menggunakan kertas tissue karena umumnya tissue bertekstur kasar yang bisa menyebabkan permukaan lensa tergores.
  • Pasang caps atau penutup lensa jika tidak sedang digunakan agar lensa terlindungi dari hal - hal yang tidak diinginkan.
  • Jika kebetulan menggunakan lensa yang memiliki fitur Auto Fokus lebih baik fitur tersebut dimatikan karena selain tidak berfungsi jika dipasangkan dengan ponsel hal itu menjaga agar kinerja motorik tidak rusak dan masih berfungsi jika suatu saat dipasang di kamera DSLR.
  • Simpan lensa dalam wadah khusus yang dilengkapi dengan penutup jika tidak digunakan untuk menjaga dari debu dan lengkapi juga dengan silica gel untuk menjaga lensa dari kelambaban.
Demikian tadi  tips cara merawat lensa SLR agar berumur panjang dan tidak berjamur.
Semoga bermanfaat.
















Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
July 11, 2017 at 3:50 PM delete

I really love your site.. Excellent colors & theme.

Did you develop this website yourself? Please reply back as I'm
hoping to create my very own site and would like to
learn where you got this from or just what the theme is named.
Many thanks!

Reply
avatar
July 19, 2017 at 2:57 PM delete

Hi
Thanks for visit ponselgraphy, yes this is my own site and I've got the theme from arlina design for free

Reply
avatar