Teknik Dasar Photografi Macro Dengan Kamera Ponsel

Dasar - Dasar Photografi Macro Dengan Kamera Ponsel


"Moment tidak akan datang dengan sendirinya, moment perlu dicari dan diciptakan untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna"
Ponselgraphy - Sobat, saat ini semakin hari semakin banyak pecinta photografi ponsel yang tertarik untuk memotret macro. Meski hanya berbekal kamera ponsel yang ditambah dengan lensa macro pabrikan atau lensa macro hasil bongkaran kreasi sendiri, hasil jepretan sobat - sobat pecinta photografi macro layak diacungi jempol.

Dengan motto Shot Without Kill, para pecinta photografi macro seakan berlomba - lomba untuk menghasilkan karya terbaik mereka, baik karya - karya yang natural atau dengan konsep - konsep yang hasilnya bisa bikin penikmatnya geleng - geleng kepala.

Bagi sobat - sobat ponselgraphy yang mau lebih dalam belajar photografi macro menggunakan ponsel, berikut admin bagikan tips tentang teknik dasar photografi macro dari Akang Okqy Purnama Setiawan, salah satu dedengkot Macro Phone Photography yang tinggal di Bandung.

Doi yang mengolah tips ini dari situs tips fotografi juga membagikannya di salah satu file di Macro Phone Photography.

Berikut adalah tips yang dibagikan oleh akang Okqy dan admin poles sedikit agar lebih mudah dipahami.


ponselgraphy
credit : Eko Murdianto

Tips Memotret Macro Dengan Kamera Ponsel.


Lensa

Pastikan lensa macro, lensa bongkaran atau lensa tambahan lainnya tertempel sempurna di belakang lensa ponsel yang akan digunakan. Pastikan juga lensa bersih dari debu dan minyak, bersihkan dahulu lensa jika kotor karena jika tidak dibersihkan akan mengurangi ketajaman foto.

Settingan Kamera Ponsel

- Setting focus pada mode infinity, jika ponsel sobat ponselgraphy tidak memiliki fitur infinity bisa menggunakan mode landscape dan hindari menggunakan fitur auto focus.

- Pilih Mode Spot pada Metering Mode agar pencahayaan bisa terpusat ke area yang dituju tetapi hal ini bisa diabaikan jika kamera ponsel sobat ponselgraphy tidak ada fitur metering mode.

- Setting resolusi kamera ponsel pada resolusi tertinggi karena akan sangat berguna saat sobat ponselgraphy melakukan cropping agar hasil foto tidak pecah.

Pencarian Focus
Sebagaimana definisi photografi macro yang lebih menonjolkan detail dari obyek yang difoto, untuk itu saat melakukan pemotretan macro menggunakan kamera ponsel aturlah jarak fokus ke obyek yang akan difoto. Lensa macro atau lensa bongkaran yang dipasang di kamera ponsel memiliki jarak fokus tertentu yang berbeda satu dengan yang lain. Cari titik focus dengan cara memaju mundurkan kamera ponsel, karena dengan cara tersebut titik fokus yang pas bisa ditemukan. Jika fokus sudah didapatkan, pencet shutter kamera ponsel dengan perlahan untuk meminimalisir goyangan yang akan mengakibatkan hasil jepretan kurang fokus.

Pencahayaan

Cahaya adalah hal terpenting dalam dunia photografi selain teknik photografi. Saat memotret macro menggunakan kamera ponsel pastikan pencahayaan ke obyek mencukupi untuk mendapat exposure yang tepat. Cahaya yang bagus adalah cahaya alami dari cahaya matahari.
Karena penchayaan sangat berpengaruh pada hasil akhir foto, sebaiknya sobat memilih waktu yang pas untuk mencapatkan pencahayaan yang tepat (misal saat pagi sebelum jam 9.00 atau sore hari setelah jam 15.00). 

Hindari Getaran

Untuk mendapatkan hasil foto macro yang istimewa diperlukan kestabilan tangan saat melakukan pemotretan. Sangat disarankan untuk menghindari getaran termasuk dari tangan pemotret.
Untuk menjaga kestabilan tangan selama melakukan pemotretan, sobat ponselgraphy bisa melakukan hal - hal sebagai berikut :

- Tahan nafas beberapa detik sesaat mengatur fokus hingga shutter kamera ponsel dipencet.


- Sandarkan kedua siku atau salah satu siku ke benda - benda kokoh di sekitar sobat seperti tembok, batang pohon atau dahan karena dengan cara tersebut bisa meredam getaran tangan dan menggantikan fungsi tripod.


Editing

- Untuk memperkuat efek macro, sobat ponselgraphy bisa melakukan editing dengan cara cropping dengan catatan cari batas maksimal cropping agar hasil foto tidak pecah.

- Saat melakukan cropping, sobat ponselgraphy bisa juga mengatur komposisi foto dengan meletakkan obyek pada aturan sepertiga (Rule Of Third).


- Perbaiki contrast dan brightness secukupnya.


- Perbaiki saturasi secukupnya untuk pengaturan detail warna.


- Bila perlu sobat ponselgraphy bisa menambahkan sharpness untuk mempertajam detail.


Baca juga tips edit hasil foto macro di sini


Timing
- Lakukan pemotretan di pagi hari saat matahari terbit sampai sekitar jam 9, selain karena pencahayaan matahari masih sangat ideal untuk memotret pada jam - jam tersebut serangga masih belum agresif sehingga mudah difoto dan memudahkan sobat ponselgraphy mengatur komposisi.

- Hindari angin yang bertiup kencang karena angin akan menggerakkan obyek sehingga meyulitkan saat melakukan pemotretan.

- Berhati - hatilah saat berjalan mencari obyek macro, jika perlu sobat ponselgraphy harus mengendap - endap agar obyek macro yang kebanyakan serangga kecil tidak lari oleh gerakan yang mengejutkan.

- Karena obyek yang berukuran sangat kecil, sobat ponselgraphy dituntut untuk jeli dan teliti mengamati dan mencari serangga karena jika tidak teliti obyek yang ada bisa tidak terlihat dan akhirnya kabur.

- Ambilah gambar berkali - kali dengan beberapa angle yang berbeda sehingga nantinya sobat ponselgraphy bisa memilih dan menentukan hasil foto yang benar - benar sempurna.

Sabar dan Terus Mencoba
Sobat ponselgraphy harus memiliki tingkat kesabaran yang ekstra jika memutuskan melakukan pemotretan macro, karena jika menggunakan kamera ponsel pengambilan foto harus dilakukan sedekat mungkin dengan obyek (berbeda jika pengambilan gambar dilakukan dengan kamera DSLR dan lensa macro). Apalagi obyek yang akan difoto adalah serangga atau hewan - hewan kecil lainnya yang kadang tidak mudah untuk mendapatkan moment diam mereka.

Teruslah bersabar dan mencoba untuk mendapatkan hasil foto macro yang menakjubkan.
Yang perlu sobat ponselgraphy ingat adalah, moment tidak akan datang sendiri, moment perlu dicari dan diciptakan sehingga hasil kesabaran dan jerih payah sobat ponselgraphy akan terbayar dengan terciptanya karya - karya macro yang menakjubkan meski hanya menggunakan kamera ponsel.

Semoga bermanfaat.












Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »