Menjaga Kebersihan Sensor Kamera Nokia N 70 Modifikasi

Tips Menjaga Kebersihan Sensor Kamera  Nokia N 70


Sensor Kamera Nokia N70
Ponselgraphy - Sobat, sensor kamera adalah sesuatu yang sangat vital pada sebuah kamera, baik pada kamera ponsel, kamera saku atau kamera DSLR. Hal itu karena fungsi sensor sebagai alat perekam gambar. Kualitas gambar yang dihasilkan akan sangat berpengaruh pada kebersihat alat yang bisa disebut sebagai jantung kamera ini.
Salah satu hal yang sering menjadi masalah adalah masuknya debu atau kotoran ke dalam sensor kamera apalagi kamera yang kita miliki sering kita gunakan memotret.

Pada kamera ponsel dan kamera saku, potensi sensor kamera yang kemasukan debu atau kotoran tidak sebesar kamera DSLR dan kamera ponsel yang telah dimodifikasi.

ponselgraphy
Sensor Kotor Penuh Bercak
Potensi masuknya debu dan kotoran tersebut terjadi karena kamera DSLR dan kamera ponsel modifikasi seringkali dibongkar pasang lensanya sehingga sensor kamera rentan kemasukan debu dan kotoran.

ponselgraphy
Sensor Kotor dan Rusak
Berikut beberapa tips agar sensor kamera selalu terjaga kebersihannya :
  • Pastikan lensa dan body kamera selalu tertutup jika tidak digunakan untuk mencegah debu dan kotoran menempel. Khusus untuk kamera ponsel yang telah dimodifikasi sebaiknya jangan digunakan sebagai alat komunikasi untuk mencegah potensi debu mengotori lensa dan bahkan masuk ke sensor.
  • Jika sobat ponselgraphy berniat untuk mengganti lensa, usahakan agar lensa yang akan digunakan sebagai pengganti telah disiapkan terlebih dahulu agar proses penggantian lensa bisa cepat untuk menghindari sensor kamera yang terlalu lama dibiarkan terbuka sehingga debu dan kotoran bisa masuk. 
  • Matikan ponsel atau kamera sebelum melakukan penggantian lensa karena jika tidak dimatikan listrik statis pada ponsel atau kamera dapat berfungsi sebagai magnet yang dapat menarik debu.
  • Pastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih dari kotoran seperti debu dan minyak saat memegang kamera. Sebaiknya sobat ponselgraphy tidak mengganti lensa di tempat berdebu atau berangin.
  • Jangan menyimpan kamera di tempat yang lembab karena bisa menyebabkan lensa berjamur. Hindari juga menyimpan kamera di dalam almari yang berisi kapur barus atau pengharum pakaian, simpanlah kamera dalam wadah khusus yang dilengkapi dengan silica gel.
  • Meski tips - tips di atas telah dilakukan tetapi hal itu tidak menjamin sensor kamera bebas dari debu dan kotoran tetapi setidaknya sobat ponselgraphy sudah berusaha menjaga kebersihan sensor kamera.
  • Jika dirasa debu dan kotoran mengganggu hasil pemotretan, sobat ponselgraphy bisa mencoba untuk membersihkan sendiri menggunakan alat - alat pembersih yang banyak dijual di pasaran, tetapi jika merasa ragu sebaiknya serahkan proses pembersihan lensa pada ahlinya agar tidak menyesal karena sensor menjadi bertambah parah (seperti yang admin alami sendiri beberapa waktu lalu).
Semoga bermanfaat.









Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »