Merawat Lensa Agar Tidak Berjamur

Tips Merawat Lensa

 

ponselgraphy
oneslidephotography

Ponselgraphy - Sobat ponselgraphy, terutama para opreker lensa SLR dan DSLR tentu pernah dipusingkan dengan jamur yang menempel pada lensa. Memang awalnya tidak akan mengganggu hasil jepretan tetapi jika dibiarkan akan menjadi bertambah parah dan sangat berpengaruh pada hasil jepretan.

Sebagaimana masalah yang sering dialami elemen optik atau kaca pada umumnya, terlihat tanda beruoa bercak atau kotoran mirip jamur, baik dalam ukuran kecil sampai ukuran besar. Jika hal itu dibiarkan akan berakibat pada hasil jepretan yang tidak maksimal, mulai dari fokus yang susah, gambar kabur hingga terdapat noda atau bercak.

Lensa ibarat mata bagi sebuah kamera karena bagian ini yang akan menangkap cahaya yang masuk dan diproses oleh prosesor sehingga menjadi sebuah gambar.
Agar lensa tetap bisa bekerja maksimal perlu ada perlakuan dan metode khusus dalam perawatan sehari - hari dan hal ini yang seringkali diabaikan oleh opreker dan pengguna lensa DSLR modifikasi.
Pada umumnya, kerusakan lensa disebabkan oleh kesalahan penggunaan, perawatan dan penyimpanan oleh pemakai.

Berikut beberapa tips tentang cara merawat lensa kamera yang admin olah dari berbagai sumber :


  • Selalu menjaga kebersihan lensa dengan tidak mengganti atau membuka lensa di tempat berdebu jika tidak sangant - sangat terpaksa.
  • Hindari menyentuh atau kontak langsung pada bagian optik lensa dengan jari karena akan meninggalkan noda yang bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya jamur.
  • Gunakan kain pembersih khusus berbahan halus saat membersihkan optik lensa, jangan menggunakan kertas tissue karena kontur kertas tissue yang jasar dapat menyebabkan lensa tergores.
  • Jika perlu pasanglah filter jika melakukan pemotretan di lapangan, sesuaikan jenis filter sesuai kebutuhan. Selain dapat memberikan efek tertentu filter dimaksudkan melindungi lensa dari debu dan benturan - benturan benda yang tidak diharapkan.
  • Selalu pasang penutup lensa (caps) selagi lensa tidak digunakan baik dalam posisi kamera digunakan atau saat penyimpanan.
  • Selalu simpan lensa di dalam wadah khusus (dry box), atau jika sobat ponselgraphy tidak memiliki dry box bisa menggunakan kotak khusus yang dilengkapi silica gel. 
Itulah beberapa tips yang bisa sobat ponselgraphy terapkan untuk menjaga jamur tumbuh subur di lensa kesayangan.

Semoga bermanfaat.








.

   

Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »