Memahami Pengertian Shutter Speed

Memahami Shutter Speed

ponselgraphy
(c) Nias Djunaidi
Ponselgraphy - Sobat Ponselgraphy, senang bisa menyapa kembali sobat - sobat semua melalui artikel ini. Beberapa hari admin tidak menyapa karena disibukkan dengan urusan pekerjaan dan hobby baru memotret tuyul imut. Kali ini admin akan berbagi tentang istilah Shutter Speed.

Secara definisi, Shutter Speed adalah rentang waktu saat shutter di sebuah kamera terbuka atau bisa diartikan waktu saat sensor kamera melihat obyek yang akan difoto.
Gampangnya Shutter Speed adalah watu antara kita memencet tombol Shutter sampai tombol ini kembali ke posisi semula.

ponselgraphy
(c) Nias Djunaidi
Agar lebih memudahkan pemahaman mari kita terjemahkan dalam penggunaannya di kamera :
  • Shutter Speed yang disetting 500 pada kamera berarti rentang waktu sebesar 1/500 (seperlimaratus) detik.
  • Setting Shutter Speed di kamera biasanya dalam kelipatan 2, jadi kita akan melihat deretan  angka seperti ini : 1/500, 1/250/ 1/125, 1/60, 1/30, dan seterusnya.
  • Saat ini hampir semua kamera mengijinkan setting 1/3 stop, kurang lebih adalah pergerakan shutter speed yang lebih rapat: 1/500, 1/400, 1/320, 1/250, 1/200 dan seterusnya.
  • Untuk menghasilkan foto yang tajam gunakan shutter speed yang aman, aturan aman dalam kebanyakan kondisi adalah setting shutter speed di angka 1/60 atau lebih cepat sehingga foto yang dihasilkan akan tajam dan aman dari hasil foto yang ngeblur. Kita juga bisa mengakali batas aman shutter speed dengan penggunaan tripod saat pengambilan foto.
  • Batas aman shutter speed yang lain adalah shutter speed harus lebih besar dari panjang lensa yang kita miliki. Misal kita menggunakan lensa 50mm gunakan shutter speed minimal 1/60.
  • Untuk membekukan gerakan, gunakan shutter speed setinggi mungkin yang bisa dicapai untuk membekukan gerakan. Semakin cepat obyek bergerak yang ingin kita bekukan dalam foto, maka semakin cepat shutter speed yang diperlukan.
Semoga bermanfaat.

Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »