Xiaoyi Yi M1, Kamera Mirrorless Murah dari Xiaomi

Xiaoyi Yi M1, Mirrorless Xiaomi Yang Siap Menggebrak Pasar

ponselgraphy
(c) Xiaomi

Ponselgraphy - Sobat, Xiaomi, pabrikan asal Tiongkok barus saja membuat gebrakan dengan merilis kamera terbarunya. Kali ini bukan kamera aksi melainkan kamera mirrorless.Seperti kita ketahui bahwa Xiaomi ternyata tidak hanya membuat smartphone tetapi juga perangkat elektronik lainnya yang salah satunya adalah kamera.
 
Xiaomi mulai memasuki ranah mirrorless lewat Xiaoyi Yi M1. Kamera ini mengusung sistem Micro Four Thirds (MFT) dengan desain ala Leica yang tentu saja dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan produk dari Sony, Samsung, Panasonic, Nikon, Canon, dll.


ponselgraphy
(c) Xiaomi

Sensor yang digunakan pada Xiaoyi ini dibuat oleh Sony, tepatnya sensor CMOS IMX269 dengan resolusi 20 megapixel. Sensor ini bisa menghasilkan file RAW berformat DNG dan bisa merekam video dengan resolusi 4K/30p. Xiaoyi ini juga dilengkapi dengan layar sentuh seluas 3 inch serta koneksivitas bluetooth.


Untuk mengoperasikannya pun sangat mudah karena antarmuka kamera ini mirip seperti antarmuka ponsel. Ada pula empat tombol untuk mengontrol seluruh fungsi. 


ponselgraphy
(c) Xiaomi

Yi merilis M1 dengan dua pilihan lensa, yaitu 12-40 f/3,5-5,6 yang dijual sepaket dengan kamera dengan harga USD 330 dan paket kamera dengan lensa 42,5mm f/1,8 yang dijual dengan harga USD 450.


Saat ini Xiaomi memang selalu menjual perangkat yang mereka dengan harga murah, tetapi dari spesifikasi yang standar dan harganya yang murah jelas kalau kamera ini tidak dimaksudkan untuk para profesional. Bicara soal kualitas dan kinerja, kita tidak benar-benar tahu karena ini merupakan kali pertama Xiaomi membuat kamera mirrorless, dan kita perlu sampel gambar yang bisa menunjukkan seperti apa kemampuan kamera Xiaomi M1.


ponselgraphy
Pilihan Lensa Kit

Yi M1 dijadwalkan rilis di Tiongkok mulai 23 September melalui portal e-commerce JD.com, tetapi masih belum jelas apakah kamera ini siap beredar di negara lain, mengingat kemiripan desainnya dengan Leica sangat tinggi dan berpotensi mengundang tuntutan hukum jika rilis di negara-negara yang ketat dalam menjalankan aturan seputar hak cipta dan merk dagang.

Kita tunggu saja perkembangannya.

Diolah dari berbagai sumber.

 

  

Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »