Hunting Akbar Macro Nusantara 2016 Regional Surabaya Sidoarjo

Serunya HAMN 2016 Regional Surabaya Sidoarjo

ponselgraphy
(c) Kafu
Ponselgraphy - Sobat, hari Minggu 18 Desember 2016 kemaren ada yang berbeda di kompleks Taman Harmoni atau yang biasa disebut Hutan Bambu di kawasan Keputih - Surabaya. Kompleks taman yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya ini nampak lebih ramai dibandingkan hari - hari biasa. Pasalnya di kawasan ini sedang digelar acara Hunting Akbar Macro Nusantara 2016 untuk wilayah regional Surabaya Sidoarjo. 

Sebanyak kurang lebih 80 orang penghobi fotografi terutama fotografi macro berkumpul untuk mengikuti event nasional tahunan yang pada 2016 kali ini dipusatkan di Garut - Jawa Barat dengan mengangkat tema Togetherness. Tak hanya dari Surabaya dan Sidoarjo, beberapa peserta dari Gresik juga turut bergabung di acara ini.
 
Mulai jam 05.30 WIB para peserta HAMN 2016 mulai berdatangan dan berkumpul di salah satu sudut Taman Harmoni, tak lupa mereka melengkapi diri dengan berbagai perlengkapan untuk memotret, mulai dari kamera, tripod, smartphone, lensa macro, lensa bongkaran dan beberapa perlengkapan yang akan digunakan untuk membuat konsep macro on stage.

Tepat pukul 06.15 WIB acara mulai dibuka dengan sedikit briefing dan doa bersama yang dipimpin oleh Kafu sebagai koordinator regional Surabaya Sidoarjo agar acara berjalan lancar. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi foto bareng seluruh peserta. Selanjutnya tanpa dikomando, para peserta  langsung menyebar untuk berburu moment - moment macro.

ponselgraphy
(c) Nanang Efendi
Acara HAMN 2016 Regional Surabaya Sidoarjo ini semakin menarik dan membuat peserta semakin bersemangat karena panitia menyediakan hadiah untuk juara lomba on the spot serta beberapa hadiah door prize. Di sela - sela acara, beberapa fotografer terlihat saling berdiskusi, berbagi pengalaman tentang teknik fotografi macro dan terkadang mereka juga nampak saling mencoba kamera atau lensa milik peserta lain.

ponselgraphy
(c) Nanang Efendi
 Pada acara kali ini, selain memotret macro bebas para peserta juga disuguhi photo konsep miniature figure skala 1;87 oleh Sala Taher, salah satu dedengkot Indonesia Miniature Figure Community Jatim yang juga didapuk menjadi salah satu juri lomba on the spot. Pada sesi ini para peserta juga tampak antusias mendengar arahan dari doi tentang setting property dan setting kamera.

ponselgraphy
Konsep Miniature Figure (c) Arjo H Tjahjono

Konsep Miniature Figure (c) Arjo H Tjahjono
Tak terasa, setelah berjibaku untuk mendapatkan moment moment terbaik, waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 WIB, dan sesuai ketentuan panitia para peserta diharuskan menyetorkan 2 (dua) foto hasil hunting on the spot kategori Natural Macro dan Candid peserta HAMN 2016 Regional Surabaya Sidoarjo untuk dinilai oleh juri.

Akhirnya setelah melalui penilaian yang sangat seru, dewan juri memilih 3 pemenang kategori Natural Macro dan Candid dengan hasil sebagai berikut :
Kategori Natural Macro :
Juara 1 ; Taufik Djoko Lelono dari Sidoarjo
Juara 2 ; Ady Suswanto dari Sidoarjo
Juara 3 ; Muchsin dari Gresik

Kategori Candid :
Juara 1 ; Muchsin dari Gresik
Juara 2 ; Ardi Khoirun Nadlif dari Sidoarjo
Juara 3 ; Musadi Febriono dari Surabaya

ponselgraphy
(c) Nanang Efendi
ponselgraphy
(c) Nanang Efendi
ponselgraphy
(c) Nanang Efendi

"Terimakasih atas kehadiran dan partisipasi rekan - rekan semua, sampai jumpai lagi di acara HAMN tahun depan, kami mohon maaf jika selama acara ini terdapat hal - hal yang kurang berkenan", pungkas Kafu di sela - sela penyerahan hadiah kepada pemenang sekaligus penutupan acara.






Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »