Mengenal Istilah Coating Pada Lensa

Mengenal Istilah Coating 

ponselgraphy
(c) pixabay

Ponselgraphy - Sobat, sebagai seorang yang berkutat di dunia photo tentu kita semua tahu dan mengenal beberapa istilah yang umum dalam dunia photografi. Salah satu istilah yang seringkali kita dengar adalah 'Coating". Tetapi ternyata sebagian sobat ponselgraphy dan beberapa yang lain masih belum paham dengan istilah Coating.

Biar lebih jelas yuuk mari kita kupas apa yang dimaksud dengan 'Coating"
  • Pada dunia photografi, yang dimaksud Coating adalah lapisan atau membran tipis pada sebuah lensa.
  • Coating pada lensa berfungsi sebagai anti goresan (halus), anti bakteri, anti fogging, filter ultra violet, dan anti refleksi (sifat dasar lensa adalah reflektif atau memantulkan cahaya).
  • Karena sifat dasar lensa yang reflektif, lapisan Coating dapat membantu menyerap cahaya dengan lebih baik untuk diteruskan ke sensor kamera.
Sebagian fungsi Coating bisa dengan mudah kita ketahui berdasarkan warna Coatingnya.
  •  Coating Merah (AntiUV)
Coating yang didominasi warna merah ini digunakan untuk memberikan proteksi pada kondisi pencahayaan yang maksimal. Lensa dengan warna coating merah sangat baik digunakan untuk siang hari pada cahaya terang karena mampu mereduksi hampir 1/3 cahaya (terutama sinar UV.
  • Coating Biru (Anti Reflection)
Warna biru adalah jenis coating dasar yang paling banyak kita jumpai karena standarisasi lensa biasanya harus memiliki anti reflection agar tiap kedipan mata atau cahaya refleks ketika membidik target tidak membuat silau. Lensa coating biru sangat baik digunakan untukberbagai kondisi, baik siang atau malam hari.
  •  Coating Hijau (Light Transmition)
Warna hijau pada lensa biasanya berjenis Light Transmition dari bahan Amber Stone yang mampu mengalirkan cahaya pada seluruh bagian bayangan obyekyang tertangkap lensa.
Coating jenis ini sangat cocok digunakan pada kondisi pencahayaan yang minim sehingga foto yang dihasilkan bisa tampak lebih terang.

Sedangkan warna lain pada coating yang tidak dijelaskan seperti ungu, jingga, oranye, dll adalah hasil kombinasi dari beberapa jenis coating.

Beberapa photografer profesional menyarankan agar kita tidak terlalu sering membersihkan lensa terutama menggunakan bahan - bahan kimia yang bisa membuat lapisan coating menjadi tipis bahkan menjadi terkelupas, cukup dilap dengan kain halus dengan arah memutar searah agar coating tidak rusak.

Semoga bermanfaat !
  


Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »