Tips Memotret Mainan Dengan Kamera Handphone ala Leith Fernando



"Jangan Paksakan Handphone Anda."


ponselgraphy
(c) leithfernando

Ponselgraphy Sobat, saat ini memotret menggunakan ponsel sudah menjadi kebutuhan, selain semakin lama kualitas kamera ponsel semakin baik kualitasnya tentu saja kamera ponsel sangat praktis dan mudah dibawa kemana - mana. 

Tetapi tentu saja dibalik kepraktisannya, kamera handphone juga memiliki kekurangan - kekurangan yang harus dipahami sehingga hasil foto menggunakan kamera handphone tetap bisa dimaksimalkan sesuai dengan harapan.

Dikutip dari teman admin @leithfernando yang menggunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar, doi berbagi tips dengan sobat - sobat ponselgraphy tentang menjepret mainan menggunakan kamera handphone.

Doi menuturkan jika handphone juga mempunyai keterbatasan. Ketika asik memotret dengan jarak dekat, kadang kita lupa dengan kemampuan handphone yang ternyata ada batasnya meskipun handphone yang kita miliki adalah kategori smartphone, tetapi tetap saja ada batasnya.

Jarak 10-15cm ketika memotret memang dekat. tetapi tanpa sadar, mungkin kita malah menggunakan jarak yang lebih dekat dari itu untuk mendapatkan detail mainan, dan ketika itu terjadi sudah bisa dipastikan foto yang dihasilkan akan blur atau tidak fokus (lihat foto bawah kiri).

Menurut Leith Fernando, ada dua cara agar foto yang kita ambil menggunakan kamera ponsel bisa  fokus :

  1. Berusahalah terus sampai menemui titik fokusnya, Dan sudah dipastikan ini pasti sulit.. :)
  2. Mainkan jarak, mainkan jarak yg dimaksud adalah menjauhkan handphone dengan obyek mainannya. Terutama jika warna mainan hampir mendekati warna background. Hal ini akan membutuhkan kerja extra utk mendapatkan titik fokusnya, karena di beberapa handphone akan sulit menemukan titik fokus yg tepat sesuai yg kita inginkan. Sekali lagi, ini kamera handphone dan bukan kamera dslr.
Solusi awal untuk bisa mendapatkan fokuss adalah memberi tambahkan cahaya pada sisi gelap mainan. Pada gambar contoh di atas sisi gelap adalah bagian ban mobil depan atau lampu kendaraan.
Apabila hal ini dirasa akan mengurangi estetika foto, maka lupakan cahaya tambahan tadi dan jauhkan sedikit kamera Anda sekitar 15-25cm.


Selanjutnya, pusatkan titik fokus pada bagian depan lampu mobil. Wilayah luas yang ditangkap kamera akan lebih memudahkan untuk mendapatkan titik fokus paling dekat dengan kamera. Kemudian, fotolah mainannya.

Langkah selanjutnya adalaha proses editing. Pada foto bagian kanan bawah, ban terlihat gelap tetapi hasil akhir sedikit terlihat lebih terang. Karena pada saat pengambilan foto cahaya matahari sudah cukup terang, maka pada saat editing seebaiknya kita mengurangi brightness dan tambah kontrasnya agar terlihat perbedaan pada detail mobil. 
Jika pada proses foto bokeh, ambience harus kita kurangi, maka pada foto ini angkatlah ambiencenya, agar warna gelap bisa lebih terang, kurangi highlights dan tambahkan shadow. Maka akan terlihat perbedaannya. Yg gelap akan menjadi terang, sama seperti judul buku yg ditulis R.A. Kartini, Habis Gelap....... :)

Lalu, seperti biasa, tambahkan detail di bagian structure dan sharpening agar foto semakin tajam. Langkah berikutnya adalah cropping. Croppinglah foto Anda dan buanglah bagian yang tidak penting, sehingga terlihat lebih dekat dan hasilnya tetap fokus (foto atas).
Ingat, save pekerjaan editingnya.

Tanpa bermaksud menggurui, tapi hanya ingin berbagi sedikit tips agar membuat foto kita lebih fokus dengan menggunakan handphone.

Kreativitas tidak boleh mati.
Selamat Mencoba, semoga bermanfaat

Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »