Cara Mengatasi Kamera Smartphone Buram

Solusi memperbaiki Kamera Smartpone Yang Buram

ponselgraphy
(c) Flikr

Ponselgraphy – Sobat, saat ini mempunyai smartphone dengan kamera yang bagus merupakan kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Fungsinya kamera smartphone sangat vital untuk mengabadikan momen penting bersama teman maupun keluarga.

Kualitas kamera smartphone dari tahun ke tahun juga semakin menjanjikan, ada yang hanya memiliki resolusi 5 MP dan bahkan ada yang sampai memiliki resolusi 20 MP.
Tetapi seiring berjalannya waktu tiba-tiba hasil jepretan kamera sobat ponselgraphy menjadi berkurang kualitasnya dan bahkan bisa dibilang semakin jelek.

Menghadapi hal itu pasti sobat - sobat ponselgraphy bakal bertanya - tanya Kenapa bisa begitu? Apa penyebabnya ? Dan bagaimana solusinya?
Kali ini Ponselgraphy akan berbagi tips cara perbaiki kamera smartphone yang buram sebagaimana dikutip dari jalantikus [dot]com.

Tutup Lensa Kamera Tergores


ponselgraphy
(c) pixabay
Apakah sobat ponselgraphy suka membawa smartphone kesayangan ke mana saja ?
Misal dibawa bawa sambil makan makan, ke tempat tidur, bahkan ke kamar mandi. Jika iya, jangan pernah menaruh smarphone kesayangan di sembarang tempat, apalagi tempat yang permukaannya kasar. Karena tempat dengan permukaan kasar dapat menimbulkan goresan pada tutup lensa kamera yang berakibat hasil jepretan foto jadi buram atau blur.

Untuk solusi cara memperbaiki, sobat ponselgraphy bisa gunakan silicon atau motomo sebagai pelindung. Tetapi, jika sudah telanjur ada goresan pada tutup lensa kamera, bisa disiasati dengan mengoleskan sedikit pasta gigi di depan lensa, kemudian gosok dengan kain lembut secara perlahan. Dengan cara ini sobat ponselgraphy bisa menghilangkan goresan halus pada permukaan lensa luar tersebut.

Tetapi perlu perlu diingat, pasta gigi yang digunakan yaitu pasta gigi putih, bukan yang gel dan jika masih buram, sobat ponselgraphy bisa gunakan cara lain, yaitu dengan mencongkel dengan hati - hati tutup lensa kamera tersebut menggunakan silet dan menggantinya  dengan tutup yang baru yang bisa didapatkan di toko – toko peralatan servis / spare parts.


Debu yang Menempel Pada Lensa

 

ponselgraphy
(c) pixabay

 

Kasus ini hampir sama dengan  kasus di atas akibat smartphone ditaruh sembarangan. Debu – debu halus masuk dan menempel pada lensa bagian dalam sehingga menyebabkan hasil kamera tidak maksimal. Jadilah hasil jepretan sobat ponselgraphy terlihat buram.
Untuk solusi memperbaikinya, buka casing luar sehingga terlihat lensa dalam, kemudian tuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu dan gosok lensa dalam tersebut untuk mengangkat debu dari permukaan lensa.


Lensa yang Berembun

 

ponselgraphy
(c) pixabay
Apabila kita meletakkan smartphone di tempat dengan kondisi yang terlalu lembab tentu dapat membuat lensa menjadi berembun. Dengan demikian akan mempengaruhi hasil jepretan kamera tersebut.
Untuk mengatasi lensa yang sudah berembun, segera matikan smartphone dan lepas baterai, kemudian keringkan dengan hair dryer pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri agar suhu smartphone dapat stabil dan tidak lagi muncul embun.

Nah, itulah tadi beberapa tips cara memperbaiki lensa kamera yang buram.
Kondisi ini memang kebanyakan disebabkan oleh kecerobohan penggunanya sendiri.
Oleh karena itu, sebelum meletakkan smartphone, sobat ponselgraphy harus melihat kondisi tempatnya dulu agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Perlu diinggat, mencegah akan jauh lebih baik dan murah daripada memperbaiki.

Semoga bermanfaat




Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar