Inovasi Teknologi Kamera Smarphone

Ponselgraphy - Sobat, beberapa waktu terakhir produsen smartphone berlomba lomba menyematkan teknologi kamera terbaru pada smartphone besutannya. Dari kamera dengan megapixel yang besar hingga dual kamera yang menawarkan kecanggihan sehingga tampilan kamera smartphone menjadi seperti kamera sekelas dslr atau mirorrless.

Berikut adalah beberapa inovasi yang dibuat oleh produsen - produsen smartphone untuk memanjakan para penggunanya.

Dual Camera
ponselgraphy
(c) google
Smartphone dengan dual kamera pertama kali dikenalkan oleh HTC melalui seri One M8 pada tahun 2104 dan terus menjadi semakin populer, terutama saat Apple menyematkan dual camera pada iphone 7 dan Huawei menggunakannya di seri P9.

Laser Auto Focus
ponselgraphy
(c) google

Pertama kali diperkenalkan oleh LG G3, fitur ini disematkan agar kamera smartphone dapat menangkap fokus pada obyek bidikan dengan sangat cepat, selain itu fitur ini juga dapat membantu detail obyek menjadi lebih jelas meski diambil pada kondisi cahaya yang sangat minim. 

Optical Zoom
ponselgraphy
(c) google
Memang tak banyak pabrikan smartphone yang tertarik memasang fitur optical zoom dengan alasan mengurangi estetika desain karena smartphone bisa jadi berukuran besar dan berat.
Optical Zoom bisa juga disebut True Zoom mempunyai fungsi menarik karena hasil pembesaran gambarnya tetap detail dan realistis dibandingkan dengan mode Digital Zoom. Dengan begiti, sobat ponselgraphy yang mau memotret obyek jarak jauh bisa memperoleh hasil gambar dengan kualitas yang tetap baik.
Beberapa smartphone yang telah menggunakan optical zoom diantaranya Samsung dengan Galaxy K Zoom (20 mp dan 10 X optical zoom), Asus ZenFone 3 (12 X optical zoom) dan Moto Z yang memiliki mode Hasselblad True Zoom dengan kemampuan 10 X optical zoom.

Flash Kamera Depan

Untuk memanjakan pengguna smartphone yang suka berfoto selfie, beberapa pabrikan telah menyematkan fitur flash pada kamera depan.
Beberapa smartphone yang telah dipasang fitur ini diantaranya Sony C3, Samsung Galaxy J5 serta Asus ZenFone Selfie.

Optical Image Stabilization
ponselgraphy
(c) google
Dengan adanya fitur OIS, sobat ponselgraphy bisa membidik foto dengan hasil tajam meski posisi tangan dalam kondisi tidak stabil.
iPhone 6, LG G5, LG V20, Xiao Mi Note 2, Xiaomi Mi 5 dan HTC 10 adalah beberapa smartphone yang telah disemati fitur Optical Image Stabilization.

Itu tadi beberapa inovasi teknologi yang dipasang pada kamera smartphone untuk lebih memanjakan para penggunanya.

Semoga bermanfaat.













 

Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »