Review Lensa Bongkaran Sapujagad, Lensa All In One Untuk Smartphone

ponselgraphy
Lensa Bongkaran Sapujagad (c) Ponselgraphy

Ponselgraphy
- Sobat, saat ini smartphone yang beredar di pasaran sudah semakin canggih. Mulai dari RAM hingga kamera yang disematkan di smartphone memiliki spesifikasi tinggi.
Tetapi meski smartphone sudah memiliki spesifikasi yang tinggi, beberapa penikmat photografi smartphone tetap merasa kurang jika gambar yang dihasilkan kurang greget sehingga mendorong terciptanya inovasi - inovasi baru agar hasil jepretan kamera smartphone bisa seperti hasil jepretan kamera DSLR atau Mirorrless.

ponselgraphy
Lensa Bongkaran Sapujagad Terpasang di Vivo Y21 (c) Ponselgraphy
Sobat, berangkat dari ketidakpuasan itulah banyak penyuka photografi ponsel yang mencoba berinovasi dengan menciptakan lensa - lensa tambahan yang bisa digunakan untuk memotret dengan hasil yang out of the box.

Bermula dari Nokia N 70 yang dioprek dengan lensa fix atau lensa kit yang ngetrend pada awal - awal tahun 2015, lensa tele keluaran pabrikan, lensa okuler untuk memotret macro, lensa prosummer yang digunakan untuk memotret macro, saat ini ada lagi inovasi baru yang diciptakan oleh salah satu sobat Ponselgraphy yang berasal dari Pati - Jawa Tengah.


ponselgraphy
Body bisa dilepas, mudah dibersihkan (c) ponselgraphy
Adalah seorang Freddy Greenlike, yang mencoba berinovasi menciptakan lensa tambahan yang bisa dipasang di smartphone tanpa harus membongkar lensa bawaan seperti pada Nokia N 70.
Doi mencoba menjawab tantangan dengan membuat lensa bongkaran yang diberi nama “Lensa Bongkaran Sapujagad”. Lensa ini memiliki keistimewaan karena bisa digunakan secara All Round dengan fungsi manual focus seperti pada lensa kamera DSLR.

Kebetulan ponselgraphy berkesempatan mencoba lensa bongkaran Sapujagad ini di ponsel vivo y21 kesayangan. Dari beberapa test yang dilakukan, memang Lensa Bongkaran Sapujagad memiliki kelebihan dibandingkan dengan lensa – lensa bongkaran yang pernah ponselgraphy coba, karena cukup menggunakan 1 (satu) lensa untuk memotret segala kebutuhan, mulai dari tele, macro dan portrait.

ponselgraphy
Vignette, salah satu kelemahan Lensa Bongkaran Sapujagad (c) ponselgraphy
Real Pict tanpa edit
Dari segi bentuk, lensa bongkaran Sapujagad ini sangat kompak, mudah dipasang di smartphone karena telah dilengkapi dengan jepit yang cukup kuat mencengkeram dan mudah dibawa kemana - mana. Tetapi bagi sobat ponselgraphy yang belum terbiasa pasti akan mengalami kesulitan mengatur fokus secara manual
Dengan lensa dan body yang bisa dilepas, lensa ini juga sangat mudah dibersihkan dari debu yang menempel.
ponselgraphy
Jarak ke Obyek 1 meter, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy

ponselgraphy
Jarak ke Obyek 2 meter, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy

ponselgraphy
Jarak ke Obyek 3 meter, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy
ponselgraphy
Jarak ke Obyek 3 meter, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy
Dalam sepaket pembelian seharga kurang dari Rp 300.000,- sobat ponselgraphy akan mendapatkan 1 (satu) unit lensa, jepit untuk memasang lensa di body smartphone, tutup lensa depan dan belakang.

Sebagaimana klaim dari pembuatnya, lensa bongkaran sapujagad lensa ini memiliki 3 (tiga) fitur unggulan :

  • Fungsi Tele, dengan cara memutar lensa ke ukuran paling pendek ; yang digunakan untuk memotret obyek dengan jarak jauh
  • Fungsi Macro, dengan cara memutar lensa ke ukuran paling panjang (jarak focus lebih panjang dari lensa bongkaran macro biasa) atau dengan cara melepas selongsong lensa bagian depan untuk jarak focus yang lebih pendek dengan background soft.

  • Fungsi Portrait, merupakan fitur unggulan dari lensa bongkaran Sapujagad karena bisa memotret obyek besar dengan background bokeh seperti hasil foto kamera DSLR. Pemakai tidak perlu maju mundur untuk mencari focus yang pas, cukup memutar selongsong ke kiri atau ke kanan hingga didapat focus yang dikehendaki.
Selain itu, lensa bongkaran Sapujagad sudah dilengkapi dengan lensa pembalik sehingga tampilan di layar smartphone tidak terbalik.

ponselgraphy
Jarak ke Obyek 1 meter tanpa lensa Sapujagad, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy
ponselgraphy
Jarak ke Obyek 1 meter dengan tambahan lensa Sapujagad, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy
Dari beberapa kelebihan yang sudah diulas di atas, ada beberapa kekurangan lensa bongkaran yang bisa sedikit menggangu keasyikan pada saat memotret dengan smartphone kesayangan. Kekurangan yang jelas terlihat adalah adanya vignette hitam bulat pada saat lensa dipasang di smartphone sehingga sobat ponselgraphy perlu melakukan zoom sehingga vignette tidak menggangu.

ponselgraphy
Menggunakan lensa Sapujagad Utuh, jarak ke Obyek 30 cm, real pict tanpa edit (c) ponselgraphy

ponselgraphy
Menggunakan selongsong depan lensa Sapujagad, jarak ke Obyek 10 cm (c) ponselgraphy
Real pict tanpa edit
Tentu saja setiap smartphone memiliki perbedaan nilai zoom (di vivo Y21 memerlukan 1,5 zoom). Kekurangan lainnya adalah kekuatan penjepit yang digunakan untuk memasang lensa di smartphone, karena body lensa bongkaran Sapujagad yang agak besar dan berat seringkali posisi jepit bergeser terutama jika sobat ponselgraphy memutar lensa untuk mencari focus, tetapi hal itu bisa diakali dengan cara memotong bagian jepit yang berulir untuk memasang lensa dan ditempelkan menggunakan lem super di back case smarphone sehingga lensa bongkaran Sapujagad bisa menempel kokoh.

Tetapi sobat ponselgraphy tidak perlu khawatir karena Freddy Greenlike telah menyiapkan fitur add on dan yang pasti lensa bongkaran Sapujagad dijamin upgradeable, terus disempurnakan kekurangannya dengan asesoris tambahan serta upgrade versi terbaru.

Buat sobat ponselgraphy yang telah membeli lensa bongkaran Sapujagad versi 1 ini tidak perlu membeli lagi jika ada versi terbaru, cukup menambah upgrade lensa utama atau body saja. 

Masih penasaran ? sobat ponselgraphy bisa langsung saja mampir ke sini
   

   




Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »