Lensa Sapujagad Mini, Lensa Bongkaran Yang Memiliki 4 Fungsi Dalam 1 Lensa

Lensa Multifungsi Untuk Menemani Penghobby Photografi Ponsel

ponselgraphy
Lensa Sapujagad Mini Versi 1

ponselgraphy - Sobat, setelah beberapa waktu lalu ponselgraphy mereview Lensa Sapujagad (lensa bongkaran multifungsi) Versi 1, kali ini admin berkesempatan mencoba varian baru dari Lensa Sapujagad yang akan terus disempurnakan di beberapa versi selanjutnya. 


ponselgraphy
Fungsi portrait, ada bokehnya serasa foto dari DSLR atau Mirorrless
Berawal dari ketidakpuasan akan hasil jepretan Lensa Sapujagad V1, Freedy Greenlike, sang kreator Lensa Sapujagad mencoba melakukan inovasi mengkreasikan sesuatu yang baru dengan membuat lensa Sapujagad yang lebih kecil ukurannya sehingga mudah dibawa dengan hasil yang lebih optimal, tetapi tetap mengedepankan konsep lensa multifungsi yang bisa dipasangkan dengan kamera smartphone yang sobat ponselgraphy miliki. 


ponselgraphy
Lensa Sapujagad Mini Terpasang di Smartphone Admin
Setelah melalui beberapa rangkaian percobaan akhirnya doi berhasil membuat lensa multifungsi baru yang diberi nama Lensa Sapujagat Mini V1 yang merupakan penyempurnaan dari Lensa Sapujagad V1 yang sudah tidak diproduksi lagi alias Discontinued.


Baca juga : Lensa Sapujagad V.1

Seperti Lensa Sapujagad versi sebelumnya, lensa ini tetap memiliki keistimewaan karena bisa digunakan pada semua kamera smartphone baik yang posisi kameranya di tengah body atau di pinggir body belakang secara All Round dengan fungsi manual fokus seperti pada lensa kamera DSLR atau mirorrless.


Dari serangkaian test yang admin lakukan, Lensa Sapujagad Mini V1 ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan Lensa Sapujagad versi sebelumnya.

Salah satu keistimewaan yang  cukup mencolok dari Lensa Sapujagad Mini ini adalah warna yang dihasilkan lebih cerah dan nyata, tidak seperti hasil foto dari Lensa Sapujagad versi sebelumnya yang warnanya cenderung kurang tajam.



lensa bongkaran sapujagad
Foto Macro Extreme Menggunakan Lensa Bagian Belakang
Selain itu, ada lagi kelebihan Lensa Sapujagad Mini V1, yaitu fungsi macro extreme yang tidak dimiliki oleh Lensa Sapujagad V1.

Jadi saat sobat ponselgraphy menggunakan Lensa Sapujagad Mini V1, sobat cukup menggunakan 1 (satu) lensa untuk memotret segala kebutuhan, mulai dari tele, macro, macro extreme dan portrait.



Dari segi bentuk, lensa Sapujagad ini tidak jauh berbeda dengan Lensa Sapujagad V1, sangat kompak, mudah dipasang di smartphone karena telah dilengkapi dengan jepit yang cukup kuat mencengkeram dan mudah dibawa kemana – mana karena bodynya lebih ramping. Lensa ini juga sangat mudah dibersihkan dari debu yang menempel karena lensa dan body bisa dilepas dengan mudah.


lensa bongkaran
Lensa Sapujagad Mini Dapat Dilepas Pasang Sesuai Kebutuhan
Tetapi jika kita membongkar body Lensa Sapujagad Mini, ada yang berbeda dengan Lensa Sapujagad versi sebelumnya, karena jika dibongkar Lensa Sapujagad Mini terdiri dari 3 bagian terpisah (lensa utama, selongsong focuser, lensa bagian belakang). Hal ini sangat berbeda dengan body Lensa Sapujagad V1 yang jika dibongkar hanya akan menjadi 2 bagian (lensa utama dan selongsong focuser yang ditempel dengan lensa pembalik).


ponselgraphy
Fungsi Tele, Jarak 5 meter dari obyek
Jika sobat ponselgraphy ingin memotret dengan fungsi tele atau portrait, sobat bisa menggunakan lensa Sapujagad Mini V1 ini secara utuh. Sedangkan lensa utama yang dilepas bisa digunakan untuk memotret macro, dan lensa bagian belakang bisa digunakan untuk memotret macro extreme. Tetapi perlu diingat, bagi sobat ponselgraphy yang belum terbiasa pasti akan mengalami kesulitan mengatur fokus secara manual terutama jika sobat menggunakan lensa secara utuh.

ponselgraphy
Bokeh dari Lensa Sapujagad Mini
Bagi sobat ponselgraphy yang membeli sepaket Lensa Sapujagad Mini versi 1 seharga Rp 225.000,- ini, sobat akan mendapatkan 1 (satu) unit lensa, jepit untuk memasang lensa di body smartphone dan juga tutup lensa depan yang melindungi lensa dari debu dan goresan.

ponselgraphy
Fungsi Portrait, Jarak 3 meter dari obyek
Seperti pada Lensa Sapujagad versi sebelumnya, Lensa Sapujagad Mini ini juga memiliki 3 (tiga) fitur unggulan :

Fungsi Tele, dengan cara memutar lensa ke ukuran paling pendek ; yang digunakan untuk memotret obyek dengan jarak jauh

Fungsi Macro, dengan cara memutar lensa ke ukuran paling panjang (jarak focus lebih panjang dari lensa bongkaran macro biasa) atau dengan cara melepas selongsong lensa bagian depan untuk jarak focus yang lebih pendek dengan background soft. 

Fungsi Macro Extreme, dengan cara melepas selongsong lensa bagian belakang untuk jarak focus yang lebih pendek lagi. 

Fungsi Portrait, merupakan fitur unggulan dari lensa ini karena bisa memotret obyek besar dengan background bokeh seperti hasil foto kamera DSLR. Pemakai tidak perlu maju mundur untuk mencari focus yang pas, cukup memutar selongsong ke kiri atau ke kanan hingga didapat focus yang dikehendaki.

ponselgraphy
Cocok Buat Foto Toys
Tetapi ada hal yang perlu sobat ponselgraphy perhatikan saat sobat menggunakan lensa Sapujagad Mini versi 1 ini dan mungkin bisa membuat sobat terkejut karena tampilan live view di layar smartphone menjadi terbalik 180 derajat, kecuali sobat ponselgraphy memisahkan body lensa untuk memotret macro yang bisa langsung menggunakan aplikasi kamera bawaan pabrik.

ponselgraphy
Hasil Foto Mirip Seperti DSLR, Bagian Belakang Foto Ngeblur
Hal ini yang menjadi pembeda antara Lensa Sapujagad Versi ke 1 dengan Lensa Sapujagad Mini. Sang pembuat sengaja melepas lensa yang berfungsi sebagai pembalik pada body untuk mendapatkan hasil gambar dan warna yang lebih tajam dibandingkan hasil foto pada Lensa Sapujagad versi sebelumnya.


ponselgraphy
Tampak Vignet berupa bulatan hitam
Sobat ponselgraphy tidak perlu kuatir karena ada aplikasi kamera pihak ke 3 yang bisa digunakan saat memotret menggunakan Lensa Sapujagad Mini. Aplikasi kamera yang admin dan beberapa sobat ponselgraphy gunakan adalah aplikasi Open Camera dan merubah settingan Rotate Preview menjadi Rotate 180 degrees sehingga tampilan di layar smartphone menjadi normal.

ponselgraphy
Fungsi macro menggunakan lensa utama yang dilepas dari body
Selain tampilan di layar smartphone terbalik, ada satu lagi kekurangan Lensa Sapujagad Mini yang bisa sedikit menggangu keasyikan pada saat memotret. Kekurangan yang jelas terlihat adalah adanya vignette hitam bulat pada saat lensa dipasang di smartphone sehingga sobat ponselgraphy perlu melakukan zoom sehingga vignette tidak menggangu. Tentu saja setiap smartphone memiliki perbedaan nilai zoom (di vivo Y21 yang admin gunakan memerlukan 1,7 zoom).

miniature figure
Bisa juga digunakan memotret miniature figure
Demikian tadi sedikit ulasan tentang Lensa Sapujagad Mini Versi 1, semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi buat sobat ponselgraphy yang ingin tetap berkreasi dengan kamera smartphone. 

Silahkan sobat mampir ke toko findshop milik Freddy Greenlike untuk membeli Lensa Sapujagad Mini Versi 1 di Tokopedia, bukalapak dan shopee

Jika sobat ponselgraphy masih penasaran dengan dan belum puas dengan ulasan ini, sobat bisa langsung saja menulis komentar di kolom komentar.
 
























Antara kerja, hobby motret dan menjadi Blogger

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
September 2, 2018 at 10:24 AM delete

itu cara rakit fokusernya gimana?

Reply
avatar
September 3, 2018 at 8:52 AM delete

Fokusernya sudah bawaan dari lensa aslinya
Padadasarnya lensa ini adalah lensa bongkaran yang dimodif sedemikian rupa oleh kreatornya

Reply
avatar