Situs - Situs Untuk Menjual Foto Online Bagi Pecinta Photografi

ponselgraphy - Sobat, jika sobat suka dengan photografi dan berniat mendapatkan uang dari hasil karya sobat semua, ada beberapa cara agar karya - karya hebat sobat bisa menghasilkan uang untuk menambah pundi - pundi yang telah kita miliki. Salah satu cara yang telah admin coba adalah menjual karya kita melalui situs - situs penjualan foto online.

Tetapi untuk menjadi kontributor situs - situs penjualan foto online tidaklah mudah, karena selain mereka sangat selektif dengan foto - foto yang diajukan untuk dijual, mereka juga sangat memperhatikan kualitas foto terutama dari sisi teknik pengambilan foto, komposisi foto, dan yang terakhir adalah foto - foto yang akan dijual harus foto yang banyak dibutuhkan olehcalon pembeli.

Berikut adalah beberapa situs populer yang bisa kita jadikan referensi untuk menjual foto - foto kita secara online :

Shutterstock

Salah satu situs yang bisa menghasilkan uang bagi para fotografer adalah ShutterStock. Situs ini adalah situs penyedia gambar digital terkenal yang tentunya sudah berlisensi. Shutterstock  memiliki tujuan untuk menghubungkan para profesional yang bergerak di bisnis kreatif khususnya para fotografer dan desainer grafis agar mau membagikan foto-foto terbaik, vektor, ilustrasi dan bahkan video.

shutterstock
(c) Shutter Stock
Melalui situs ShutterStock, sobat ponselgraphy bisa menghasilkan uang dalam bentuk dollar dari setiap foto yang laku terjual. Cara bergabungnya pun cukup mudah, sobat ponselgraphy tinggal melakukan registrasi dan memasukan data diri. Semakin banyak karya yang diunggah akan semakin bagus. Nantinya hasil foto atau desain sobat dapat dilihat jutaan orang dan bagi orang yang berminat untuk keperluan mereka, foto sobat bisa di download. Dan sebagai pemiliknya sobat akan dibayar antara $0,2 – $25 untuk rata-rata per sekali download.
Istockphoto
istockphoto
(c) Istockphoto
Istockphoto diklaim sebagai situs jual beli foto online yang paling populer dan tertua, atau menjadi pesaing dekat ShutterStock. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan komisi hinga 15% untuk setiap foto yang di download oleh orang lain. Bahkan apabila member Istockphoto bisa menjadi exclusive contributor, maka ada komisi sebesar 45% dari setiap foto yang terjual

Fotolia
Berbeda dengan dua situs sebelumnya, Fotolia tidak menerima gambar vector, karena dikhususkan untuk penjualan foto. Bagi sobat ponselgraphy yang mengupload foto ke situs Fotolia, dimungkinkan hasil karya sobat akan dilihat oleh jutaan calon pembeli foto dari seluruh dunia. Fotolia  menjadi situs microstock yang cukup mudah karena menyediakan beberapa aplikasi untuk lisensi pembelian.

adobe stock
(c) fotolia by adobe

Pada setiap foto yang sudah terjual, maka sobat sebagai pemiliknya bakal menerima royalti yang didasarkan dengan tipe berlangganan pembeli. Pendapatan sebesar 20% sampai 60% siap menanti untuk sebuah penjualan foto yang didownload, kemudian ada komisi sebesar 0.25 sampai 0.40 kredit untuk download oleh pelanggan Fotolia.

Dreamstime

(c) Dreamstime Sell Stock Photo
 Sama seperti situs - situs di atas, Dreamstime menjadi situs microstock yang bisa menghasilkan uang bagu sobat yang serius menggeluti duniaphotografi. Daftar dan unggahlah hasil karya terbaik sobat ponselgraphy dan dapatkan uang dalam bentuk dolar.
Tetapi yang menjadi kendala adalah sistem pembagian pada Dreamstime yang ternyata agak rumit dimana penghasilan dikelompokkan ke level berbeda yang didasarkan atas berapa jumlah download yang terjadi dalam setiap foto dan ditambah lagi pendapatanyang didasarkan dari ukuran image maupun jenis ekstensi image nya sendiri. 

Getty Images

(c) Getty Image Contributors
 Getty Images adalah sebuah situs microstock yang cukup unik. Situs ini cukup ketat dalam menyeleksi foto - foto yang masuk. Salah satu diantaranya adalah tidak menerima stock foto yang mereka rasa sudah terlalu mainstream. Akhirnya untuk menjadi kontributor dari Getty Images sobat dituntut untuk  lebih kreatif. Tetapi di balik ketatnya aturan yang diterapkan, komisi yang akan diterima jelas setimpal dengan karya sobat.


Tunggu apa lagi ?
Segera bongkar hasil karya hebat sobat ponselgraphy semua, daripada menyimpan tanpa ada hasilnya bukankah lebih baik jika dijual melalui situs - situs yang sudah admin ulas di atas





















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »