Workshop dan Pameran Foto Ki Joko Tumut di SK Coffee Lab Kediri

ponsegraphy - Sobat, hari Jumat 12 Juli 2019 kemaren ada yang berbeda di SK Coffee Lab, salah satu kedai kopi di kota Kediri yang asyik buat nongkrong. Nampak ada sedikit kesibukan di salah satu ruangan karena mulai jam 16.00 WIB akan ada acara workshop dan pameran foto miniature figure oleh Ki Joko Tumut yang disupport oleh Kelas Pagi Kediri dan Go Ahead People yang digawangi oleh mas Ekanata August.
 
walikota kediri
Ki Joko Tumut Bersama Walikota Kediri

Meski setiap hari Jumat kedai mulai buka pukul 14.00 WIB, sejak pukul 09.00 mas Adhi Kusumo yang dipercaya oleh SK Coffee Lab sebagai kurator foto dan dibantu oleh mas Arief Priyono selaku pemilik SKCoffee Lab nampak mempersiapkan salah satu ruangan yang digunakan untuk kelas pagi dan disulap menjadi ruang pamer.

sk coffee lab
Kelas Pagi Kediri
Kurang lebih pukul 15.00 WIB Ki Joko Tumut yang sore itu didampingi oleh Kreasi MGS dari Surabaya yang sejak 2 tahun terakhir selalu memberikan support dengan diorama - diorama keren hasil karyanya. Setelah beberapa saat menunggu, mas Arief Priyono yang juga menjadi Chief Commercial Officer Persik Kediri menemui Ki Joko Tumut dan mempersilahkan untuk mempersiapkan beberapa diorama yang juga ikut dipamerkan serta materi yang akan dipaparkan saat workshop.
 
ruang kita
X Banner Workshop Ki Joko Tumut
Akhirnya setelah sempat molor kurang lebih 1 jam, tepat pukul 17.00 WIB acara workshop miniature figure photography yang dipandu oleh mas Adhi Kusumo mulai dibuka. Dalam paparannya Ki Joko Tumut menerangkan kepada para peserta tentang latar belakang miniature figure photography, peluang bisnis dan tips trick memotret miniature figure. Setelah hampir 1 jam menjelaskan kepada para peserta, tepat pukul 18.00 WIB workhsop di break untuk melaksanakan ibadah sholat maghrib dan dilanjut dengan pembukaan pameran serta sesi praktek foto bersama menggunakan miniature figure, diorama dan diecast yang telah disiapkan oleh Kreasi MGS dan MagCraft.

ki joko tumut
Ki Joko Tumut
Ada 30 foto karya Ki Joko Tumut yang dicetak dan dipamerkan pada acara ini dan ditempelkan di ruang kelas pagi yang setiap hari minggu digunakan untuk kegiatan belajar mengajar tentang photografi dan dibimbing oleh mas Adhi Kusumo. Para peserta workshop dan beberapa pengunjung SK Coffee Lab tampak serius mendengarkan penjelasan dari Ki Joko Tumut tentang cerita dari foto - foto yang dipamerkan mulai tanggal 12 hingga 19 Juli 2019. Tidak hanya dari Kota Kediri dan sekitarnya, workshop dan pameran ini juga dihadiri 2 peserta dari Bogor dan Yogyakarta yang kebetulan sedang berlibur di Kota Kediri.

kreasi mgs
Peserta workshop mendengarkan penjelasan dari Ki Joko Tumut
kediri
Ki Joko Tumut dengan Dioarama karya Kreasi MGS
Mas Adhi Kusumo (4 dari kiri) dan Mas Ekanata August (5 dari kiri) turut penasaran dengan miniature figure

Selanjutnya sesi praktek bersama memotret miniature figure yang paling ditunggu - tunggu oleh peserta dimulai juga setelah Ki Joko Tumut selesai memaparkan cerita di balik foto - foto hasil karyanya. Awalnya pemandu acara merencanakan sesi praktek dilaksanakan di dalam ruang kelas pagi tetapi karena luas area kelas yang tidak memungkinkan mengharuskan praktek memotret dipindah di halaman SK Coffee Lab. Dipandu oleh Kreasi MGS para peserta terlihat bersemangat menata dan memotret miniature figure, diecast serta diorama yang telah disediakan.

pameran foto kediri
Beberapa karya Ki Joko Tumut yang dipamerkan
sk coffee lab
Beberapa karya Ki Joko Tumut yang dipamerkan
ki joko tumut
Beberapa karya Ki Joko Tumut yang dipamerkan
pameran foto kediri
Beberapa karya Ki Joko Tumut yang dipamerkan

Tidak hanya menggunakan kamera DSLR dan Mirrorless, para pesera juga banyak yang menggunakan kamera smartphone yang hasilnya tidak kalah keren. Semakin malam, sesi memotret miniature figure semakin ramai karena banyak pengunjung dan crew SK Coffe Lab yang ikut mencoba memotret miniature figure. Selain menggunakan diorama, para peserta dan pengunjung juga memanfaatkan area bar SK Coffee Lab sebagai tempat memotret.

kelas pagi kediri
Salah satu peserta memotret di bar SK Coffee Lab
kopi susu kita
Ki Joko Tumut memandu peserta memotret menggunakan smartphone
persik kediri
Salah satu peserta yang memotret miniature figure menggunakan smartphone
Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta dan pengunjung SK Coffee Lab, Ki Joko Tumut mengadakan lomba foto on the spot selama pameran berlangsung hingga tanggal 19 Juli 2019. Dari lomba foto tersebut akan dipilih 1 orang pemenang yang berhak mendapatkan 1 unit diorama jalan multifungsi yang disupport oleh Kreasi MGS.  

Acara workshop dan pameran foto miniature figure yang baru pertama kali digelar di SK Coffee Lab ini semakin terasa istimewa karena kehadiran Bapak Abdullah Abubakar (Walikota Kediri) yang menyempatkan melihat dan mengapresiasi foto - foto yang dipamerkan.

Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB dan acara harus diakhiri karena Ki Joko Tumut dan Kreasi MGS harus kembali ke Sidoarjo dan Surabaya. Di akhir acara, Ki Joko Tumut menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung hingga acara ini berjalan dengan lancar.



   



  
 

     







 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »